Rabu, 04 Mei 2016

Hukum Arisan Parabola


Assalamualaikum,barakallahu fiikum ust, ana mau bertanya,bagaimana hukumnya membuat arisan parabola dimana ana sebagai pembuat arisan yang menyediakan barang tsb. Contoh parabola, parabola tersebut harga jualnya 500ribu, jadi kami membuat arisan 5 orang 5 bulan, tiap bulan membayar arisan 100ribu.
Pertanyaannya;
1. bagaimana hukumnya ketika ana yg membuat arisan tersebut karena saya adalah salah 1 reseller parabola, jika saya yg beli di suplier dgn harga 400rb.lalu sbg pembuat arisan sy yg menyediakan parabola tsb dgn harga jual 500 ribu, bolehkan demikian ust mengingat dari arisan tersebut saya mendapatkan untung 100 ribu perbulan dari harga jual parabola? jazakallah khairan

JAWABAN:
Wa’alaikumussalam warahmatullah. wa fiika barakallah.
Arisan seperti yang bapak sebutkan diperbolehkan, karena intinya hanyalah hutang piutang.
Akan tetapi untuk parabola yang dijual seharga 500 ribu, agar tidak terjatuh kepada hutang uang dan hutang barang bersamaan, maka ibu bisa melakukan:
1. Parabola disediakan sebelum arisan, sehingga barang siap dijual.
2. Uang arisan diterima terlebih dahulu oleh peserta arisan kemudian nanti diberlakukan jual beli salam (uang diserahkan tunai dan hutang barang). Untuk yang kedua harus dipastikan belum ada kesepakatan aqad di dalamnya sebelum arisan.jadi,tidak ada keharusan membeli atau pemaksaan pembelian barang.
Wallahu a’lam.

Tidak ada komentar: