Nabi bersabda :
حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ الْفَرْغَانِيُّ، قَالَ: نا هَارُونُ بْنُ مُوسَى الْفَرْوِيُّ، قَالَ: نا أَبُو ضَمْرَةَ أَنَسُ بْنُ عِيَاضٍ، عَنْ حُمَيْدٍ الطَّوِيلِ، عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: " إِنَّ اللَّهَ حَجَبَ التَّوْبَةَ عَنْ صَاحِبِ كُلِّ بِدْعَةٍ "
Sanad riwayat ini hasan.
Keterangan perawinya sebagai berikut :
1. ‘Aliy bin ‘Abdillah bin ‘Abdil-Barr, Abul-Hasan Al-Warraaq Al-Farghaaniy At-Turkiy (علي بن عبد الله بن عبد البر أبو الحسن الوراق الفرغاني التركي); seorang yang tsiqah sebagaimana dikatakan oleh Abu Ya’laa Al-Warraaq dan Adz-Dzahabiy. Wafat tahun 322 H [lihat : Irsyaadul-Qaadliy wad-Daaniy, hal. 436-437 no. 686].
2. Haaruun bin Muusaa bin Abi ‘Alqamah Al-Farwiy, Abu Muusaa Al-Madaniy (هارون بن موسى بن أبي علقمة : عبد الله بن محمد بن عبد الله بن أبي فروة الفروي ، أبو موسى المدني); seorang yang dihukumi Ibnu Hajar dengan : laa ba’sa bih (bahkan lebih dekat ke tsiqah).[7] Termasuk thabaqah ke-10 dan wafat tahun 253 H. Dipakai oleh At-Tirmidziy dan An-Nasaa’iy [Taqriibut-Tahdziib, hal. 1015 no. 7294].
3. Anas bin ‘Iyaadl bin Dlamrah Al-Laitsiy, Abu Dlamrah Al-Madaniy (أنس بن عياض بن ضمرة ، و يقال أنس بن عياض بن جعدبة ، و يقال أنس بن عياض بن عبد الرحمن الليثي ، أبو ضمرة المدني); seorang yang tsiqah. Termasuk thabaqah ke-8, lahir tahun 104 H, dan wafat tahun 200 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, dan An-Nasaa’iy [Taqriibut-Tahdziib, hal. 154 no. 569].
4. Humaid bin Abi Humaid Ath-Thawiil Al-Bashriy, Abu ‘Ubaidah Al-Khuzaa’iy (حميد بن أبى حميد الطويل البصري ، أبو عبيدة الخزاعي و يقال السلمي و يقال الدارمي); seorang yang tsiqah, namun sering melakukan tadliis. Termasuk thabaqah ke-5, lahir tahun 68 H, dan wafat tahun 142/143 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 274 no. 1553].
5. Anas bin Maalik; salah seorang shahabat masyhuur [Taqriibut-Tahdziib, hal. 154 no. 570].
Catatan : Meskipun Humaid seorang mudallis, namun ‘an’anah-nya dari Anas dihukumi muttashil karena telah diketahui riwayatnya dari Anas melalui perantaraan Tsaabit Al-Bunaaniy, sebagaimana dikatakan Hammaad bin Salamah, Ibnu ‘Adiy, Ibnu Hibbaan, dan Ibnu Khiraasy [lihat : Riwaayatul-Mudallisiin fii Shahiih Al-Bukhaariy oleh Dr. ‘Awwaad Al-Khalaf, hal. 288-289].
Diriwayatkan juga oleh Adl-Dliyaa’ dalam Al-Mukhtarah no. 1862-1863, Adz-Dzahabiy dalam Mu’jamusy-Syuyuukh 1/218, Ibnu ‘Asaakir dalam Jam’ul-Juyuusy no. 120, Ibnu Fiil dalam Juuz-nya no. 2, Abu Bakr Al-‘Anbariy dalam Majlisaan no. 27, Al-Baihaqiy dalam Syu’abul-Iimaan no. 9011, ‘Abdullah Al-Anshaariy dalam Dzammul-Kalaam no. 946, Abusy-Syaikh dalam Thabaqaatul-Muhadditsiin no. 988, Ar-Raafi’iy dalam At-Tadwiin fii Akhbaar Qazwiin 4/190; semuanya dari jalan Haaruun bin Muusaa, yang selanjutnya seperti sanad hadits di atas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar