Kamis, 19 Mei 2016

Syubhat atsar alfatihah di belakang imam


Berikut beberapa atsar yang menguatkan pendapat ini :
حدثنا محمد بن القاسم بن زكريا ثنا أبو كريب ثنا حفص بن غياث عن الشيباني عن جواب عن يزيد بن شريك قال : سألت عمر عن القراءة خلف الإمام فأمرني أن أقرأ قال : قلت : وإن كنت أنت قال وإن كنت أنا قلت : وإن جهرت قال وإن جهرت هذا إسناد صحيح
Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Al-Qaasim bin Zakariyyaa : Telah menceritakan kepada kami Abu Kuraib : Telah menceritakan kepada kami Hafsh bin Ghiyaats, dari Asy-Syaibaaniy, dari Jawwaab, dari Yazid bin Syariik, ia berkata : Aku pernah bertanya kepada ‘Umar tentang qira’aat di belakang imam. Maka ia menyuruhku agar membacanya. Aku berkata : “Meskipun yang menjadi imam itu engkau ?”. Ia menjawab : “Ya, meskipun yang menjadi imam aku”. Aku berkata : “Meskipun enggkau men-jahr-kan (bacaanmu) ?”. Ia berkata : “Meskipun aku men-jahr-kan (bacaanku)” [Diriwayatkan oleh Ad-Daaruquthniy no. 1211. Ad-Daaruquthniy berkata : “Sanadnya shahih”].
حدثنا وكيع عن ابن عون عن رجاء بن حيوة عن محمود بن ربيع قال : صليت صلاة وإلى جنبي عبادة بن الصامت قال : فقرأ بفاتحة الكتاب قال : فقلت له يا أبا الوليد ألم أسمعك تقرأ بفاتحة الكتاب قال : أجل إنه لا صلاة إلا بها .
Telah menceritakan kepada kami Wakii’, dari Ibnu ‘Aun, dari Rajaa’ bin Haiwah, dari Mahmuud bin Rabii’, ia berkata : Aku pernah shalat berjama’ah, dan di sampingku adalah ‘Ubaadah bin Ash-Shaamit. Lalu ia membaca Al-Faatihah. Aku berkata kepadanya : “Wahai Abul-Waliid, bukankah aku mendengarmu membaca Al-Faatihah ?”. Ia menjawab : “Benar, karena tidak sah shalat kecuali dengan membacanya” [Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah, 1/375; shahih][2].
حدثنا هشيم قال : أخبرنا حصين قال : صليت إلى جنب عبيدالله بن عبد الله ابن عتبة قال : فسمعته يقرأ خلف الامام قال : فلقيت مجاهدا فذكرت له ذلك فقال مجاهد سمعت عبد الله بن عمرو يقرأ خلف الاماما .
Telah menceritakan kepada kami Husyaim, ia berkata : Telah mengkhabarkan kepada kami Hushain, ia berkata : Aku pernah shalat di samping ‘Ubaidullah bin ‘Abdillah bin ‘Utbah. Lalu aku mendengarnya membaca di belakang imam. Lalu aku temui Mujaahid dan aku sebutkan hal itu kepadanya. Mujaahid berkata : “Aku pernah mendengar ‘Abdullah bin ‘Amru (bin Al-‘Aash) membaca di belakang imam” [Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah, 1/373; shahih].
حدثنا هشيم قال : أخبرني منصور ويونس عن الحسن أنه كان يقول : اقرأ خلف الامام في كل ركعة بفاتحة الكتاب في نفسك .
Telah menceritakan kepada kami Husyaim, ia berkata : Telah mengkhabarkan kepada kami Manshuur dan Yuunus, dari Al-Hasan (Al-Bashriy) : Bahwasannya ia berkata : “Bacalah Al-Faatihah di belakang imam dalam setiap raka’at bagi dirimu sendiri” [Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah, 1/374; shahih].
حدثنا ابن علية عن يحيى بن أبي إسحاق قال : صليت المغرب والحكم بن أيوب إمامنا وأبو مليح إلى جنب ابن أسامة فسمعته يقرأ بفاتحة الكتاب فلما سلم الامام قلت لابي مليح تقرأ خلف الامام وهو يقرأ قال : سمعت شيئا قلت : نعم، قال : نعم .
Telah menceritakan kepada kami Ibnu ‘Ulayyah, dari Yahyaa bin Abi Ishaaq, ia berkata : Aku pernah shalat Maghrib, dan Al-Hakam bin Ayyuub bertindak sebagai imam kami. Dan Abu Maliih ada di samping Abu Usamah. Lalu aku mendengarnya membaca Al-Faatihah. Ketika imam telah salam, aku berkata kepada Abu Maliih : “Engkau membaca di belakang imam ?”. Ia berkata : “Apakah engkau mendengar sesuatu ?”. Aku berkata : “Ya”. Ia berkata : “Ya (aku membaca Al-Faatihah di belakang imam)” [Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah, 1/375; shahih].

Jawab: semua tidak jelas wajhu dilalahnya/ letak pendalilannya karena cuma di belakang imam,tidak jelas jahrnya, Kecuali yg dari umar itupun ternyata dhoif/ lemah.
Kelemahannya terletak di perawi jawwab bin ubaidillah at taimi dia perawi lemah.

Adapun kesaksian abu maliih,itupun juga belum jelas,cuma na'am.bahkan di sebagian naskah gak ada lafadz qoola na'am.

Justru yg ada sebaliknya

Ibnu Mas’ud berkata,

أَنْصِتْ لِلْقُرْآنِ فَإِنْ فِي الصَّلاةِ شُغْلا، وَسَيَكْفِيكَ ذَلِكَ الإِمَامُ

“Diamlah saat imam membaca Al Qur’an karena dalam shalat itu begitu sibuk. Cukup bagimu apa yang dibaca oleh imam.” (HR. Ath Thobroni 9: 264)

Ibnu ‘Umar berkata,

يَنْصِتُ لِلْإِمَامِ فِيْمَا يَجْهَرُ بِهِ فِي الصَّلاَةِ وَلاَ يَقْرَأُ مَعَهُ

“Hendaklah diam ketika imam mengeraskan bacaannya dalam shalat. Dan janganlah baca bersamanya.” (HR. Abdur Rozaq, 2: 139).

Guru kami, Syaikh Abdul ‘Aziz Ath Thorifi berkata, “Inilah yang diamalkan oleh mayoritas sahabat Nabi yaitu diamalkan oleh Ibnu ‘Abbas, Ibnu Mas’ud, Ibnu ‘Umar, Abu Hurairah dan ‘Aisyah. Aku tidak mengetahui adanya perselisihan dalam hal ini di antara para sahabat dengan perkataan yang shahih dan tegas. Hampir-hampir saja ini jadi ijma’ sahabat. Ada perkataan dari ‘Umar yang menyelisihi namun tidak tegas.” (Shifat Shalat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, hal. 98).

Tidak ada komentar: