Sabtu, 30 April 2016

KH.nawawi: kumpul laki perempuan satu kelas itu maksiat

Semalam, Malam senin 30 november, mimin sowan ke Hadhratusysyaikh KH.Nawawi bin Abdul Jalil, pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri. Beliau bertanya apakah di kampus saya sistem pembelajaran nya kumpul antara laki-laki dan perempuan. Saya jawab "nggeh kiai, kumpul ". Kemudian beliau menanggapi bahwa ilmu Allah tidak akan diberikan jika sistem belajar di kelas seperti itu. Beliau mengutip kisah imam Syafi'i ketika sowan ke kiai waqi' ; gurunya imam syafii. 

قال الامام الشافعي
شَكَوْتُ إلَى وَكِيعٍ سُوءَ حِفْظِي - فَأرْشَدَنِي إلَى تَرْكِ المعَاصي
وَأخْبَرَنِي بأَنَّ العِلْمَ نُورٌ -ونورُ الله لا يهدى لعاصي
Artinya ;" Saya (Imam Syafi’i) mengadu ke kiai waqi' tentang daya hafalku yang buruk. Kemudian beliau menyarankan saya untuk meninggalkan maksiat. Beliau juga memberitahukan saya bahwa ilmu Adalah cahaya , cahaya Allah tidak akan diberikan kepada orang yang bermaksiat "

Dawuh nya Kiai Nawawi, orang mencari ilmu itu harus menjauhi maksiat. Kalau di dalam kelas laki dan wanita kumpul jadi satu itu kan namanya maksiat. Bagaimana mau mendapatkan ilmu.

Tidak ada komentar: