Senin, 25 April 2016

Abu ayyub al anshari bertabarruk ke makam?

  Syubhat: abu Ayyuub Al-Anshaariy radliyallaahu ‘anhu.
حَدَّثَنَا عَبدُ الْمَلِكِ بنُ عَمْرٍو، حَدَّثَنَا كَثِيرُ بنُ زَيْدٍ، عَنْ دَاوُدَ بنِ أَبي صَالِحٍ، قَالَ: أَقْبلَ مَرْوَانُ يَوْمًا فَوَجَدَ رَجُلًا وَاضِعًا وَجْهَهُ عَلَى الْقَبرِ، فَقَالَ: أَتَدْرِي مَا تَصْنَعُ؟ فَأَقْبلَ عَلَيْهِ فَإِذَا هُوَ أَبو أَيُّوب، فَقَالَ: نَعَمْ، جِئْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَلَمْ آتِ الْحَجَرَ، سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: " لَا تَبكُوا عَلَى الدِّينِ إِذَا وَلِيَهُ أَهْلُهُ، وَلَكِنْ ابكُوا عَلَيْهِ إِذَا وَلِيَهُ غَيْرُ أَهْلِهِ "
Telah menceritakan kepada kami ‘Abdul-Malik bin ‘Amru : Telah menceritakan kepada kami Katsiir bin Zaid, dari Daawud bin Abi Shaalih, ia berkata : Pada suatu hari Marwaan mendapati seorang laki-laki yang meletakkan wajahnya di atas kubur (Nabishallallaahu ‘alaihi wa sallam). Marwaan berkata : “Apakah engkau mengetahui apa yang kamu perbuat itu ?”. Lalu ia mendekatinya, dan ternyata laki-laki itu adalah Abu Ayyuub (Al-Anshaariy). Abu Ayyuub menjawab : “Ya. Aku mendatangi Rasulullahshallallaahu ‘alaihi wa sallam, dan aku tidak mendatangi batu. Aku mendengar Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Janganlah kalian menangis karena agama seandainya ia telah diurus oleh ahlinya. Namun tangisilah ia jika diurus selain dari ahlinya” [Diriwayatkan oleh Ahmad 5/422].
????
Jawab : Riwayat itu lemah karena jahalah Daawud bin Shaalih – sebagaimana dijelaskan oleh Syu’aib Al-Arna’uth. Juga Katsiir bin Zaid, maka para ulama berselisih pendapat kehujjahan dirinya. Seandainya shahih, Abu Ayyuub dalam riwayat di atas sama sekali tidak bermaksud untuk bertabarruk dengan kubur beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam, namun hanyalah bermaksud ziarah dan mengucapkan salam sebagaimana riwayat Abi Khaitsamah dalam At-Taariikh no. 1801 dan Ibnu ‘Asaakir dalam Taariikh Dimasyq 57/250 dari jalan Katsiir bin Zaid, dari Al-Muthallib bin ‘Abdillah Al-Makhzuumiy.

Tidak ada komentar: