Senin, 06 Juni 2016

Yang menyatakan rokaat tarawih cuma sebelas hanya syeikh albani?


قال السيوطي في ‘ المصابيح في صلاة التراويح ‘ ( 2 / 77 من الفتاوى له ):

وقال الجوري – من أصحابنا – عن مالك أنه قال : الذي جمع عليه الناس عمر بن الخطاب أحب إلي وهو إحدى عشرة ركعة وهي صلاة رسول الله صلى الله عليه وسلم. قيل له إحدى عشرة ركعة بالوتر ؟ قال : نعم وثلاث عشرة قريب قال : ولا أدري من أين أحدث هذا الركوع الكثير ؟ ‘
Al-Hafidz Jalaluddin As Suyuthy di dalam risalahnya Al Mashabih fi Shalatit Tarawih: Al Jury sahabat kami telah berkata dari Imam Malik bahwasanya ia berkata : Dan yang orang-orang kumpulkan oleh Umar bin Khotob yang lebih aku sukai adalah 11 rakaat, dan itu adalah shalat Rasulullah .
Dan dikatakan kepada beliau,bahwa tarawih 11 rokaat dg witirnya.
maka beliau menjawab: iya benar,dan kadang 13 rokaat.
beliaupun berkata: dan aku tidak tahu dari mana asal sesuatu yg baru ini yg rukuknya banyak?

وقال الإمام ابن العربي:

والصحيح: أن يصلي إحدى عشرة ركعة: صلاة النبي، عليه السلام وقيامه. فأما غير ذلك من الأعداد فلا أصل له ولا حد فيه. فإذا لم يكن بد من الحد فما كان النبي عليه السلام يصلي . ما زاد النبي عليه السلام في رمضان ولا في غيره على إحدى عشرة ركعة . وهذه الصلاة هي قيام الليل فوجب أن يقتدى فيها بالنبي عليه السلام.

Al-Imam Ibnul `Arabi di dalam Syarah Tirmidzi 4/19 setelah menjelaskan riwayat-riwayat yang disumberkan dari Umar, beliau berkata: “Yang benar shalat tarawih Nabi sebanyak 11 rakaat. Adapun selain jumlah ini, maka tidak ada asalnya dan nashnya. Kalau mengharuskan adanya batasan, maka batasannya adalah shalat Nabi. Nabi tidak menambah pada Ramadlan dan selainnya di atas 11 rakaat. Inilah shalat tarawih/shalat lail, maka wajib meniru Nabi shallallahu `alaihi wa sallam.”

ولهذا صرح الإمام محمد بن إسماعيل الصنعاني في ‘ سبل السلام ‘ أن عدد العشرين في التراويح بدعة قال : وليس في البدعة ما يمدح بل كل بدعة ضلالة.....
إذا عرفت هذا علمت أنه ليس في العشرين رواية مرفوعة، بل يأتي حديث عائشة المتفق عليه قريباً: "أنه صَلّى الله عَلَيْهِ وَسَلّم ما كان يزيد في رمضان ولا غيره على إحدى عشرة ركعة" ، فعرفت من هذا كله أن صلاة التراويح على هذا الأسلوب الذي اتفق عليه الأكثر بدعة
Demikian juga yang ditegaskan oleh Imam As-Shan’ani dalam Subulus Salam bahwasanya jumlah shalat tarawih 20 rakaat adalah bid’ah dan beliau berkata: “Tidak ada bid’ah yang dipuji, bahkan semua bid’ah itu sesat.”
Beliau juga berkata :
”Apabila engkau mengetahui bahwa tidak ada riwayat yang marfu’ (tentang 20 rakaat) bahkan justru terdapat hadits yang muttafaq/ disepakati atas keshahihannya bahwa Rasulullah tidak pernah melebihi 11 rakaat baik pada bulan Ramadhan maupun di bulan lainnya, maka engkau akan mengetahui bahwa cara shalat tarawih sebagaimana dilakukan oleh khalayak awam itu adalah bid’ah”

(Subulus Salam 2/10-12)

Tidak ada komentar: