Syeikh
Abdul Muhsin Al-'Abbaad hafizhahullah menyatakan SAH, dengan syarat
najis tersebut tidak nampak dan tidak merembes keluar, beliau berkata:
فإذا كان الولد أو الجارية التي يحملها الشخص في الصلاة عليها حفاظة،
وفيها شيء من النجاسة، فإن كانت النجاسة ظاهرة، ويمكن أن تؤثر، فلا يجوز له
أن يحملها، وأما إذا كان هناك نجاسة ولكنها ليست ظاهرة ولا تصل إليه فليس
هناك بأس. والطواف بالأطفال من جنسه، فإذا دعت الحاجة إلى حمل الأطفال
فالأصل هو طهارة ثيابهم وأبدانهم، إلا إذا وجدت النجاسة وظهرت، وغالباً أن
النجاسات إذا وجدت في الحفائظ من الداخل فإنها تتشربها؛ لأن فيها مانعاً
يمنعها من أن تظهر، فما دام أن النجاسة لم تظهر وأمنت ناحية تنجيسها لما
حولها فلا بأس
"Apabila anak atau anak wanita yang digendong tersebut
memakai diapers yang di dalamnya ada najis yang nampak dan mungkin
mempengaruhi maka tidak boleh menggendongnya, adapun apabila najis
tersebut tidak nampak dan tidak sampai kepadanya maka tidak mengapa. Dan
hukum thawaf dengan menggendong anak sama dengan masalah ini. Bila
diperlukan menggendong anak maka pada asalnya pakaian dan badan mereka
suci kecuali jika ditemukan najis dan nampak. Dan kebanyakan najis-najis
yang terdapat di dalam diapers diserap oleh diapers tersebut, karena di
dalamnya ada yang mencegah najis tersebut nampak, oleh karena itu
selama najis tersebut tidak nampak dan tidak menajisi apa yang ada di
sekitarnya maka tidak mengapa" (Syarh Sunan Abi Dawud, ketika beliau
mensyarh hadist Abu Qatadah Al-Anshary radhiyallahu 'anhu yang berisi
bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam menggendong Umamah bintu
Abu Al-'Ash ketika shalat)
syubhat : bagaimana dg hadits Abu Sa'id Al-Khudry radhiyallahu 'anhu:
عن أبي سعيد الخدري قال : بينما رسول الله صلى الله عليه و سلم يصلي
بأصحابه إذ خلع نعليه فوضعهما عن يساره فلما رأى ذلك القوم ألقوا نعالهم
فلما قضى رسول الله صلى الله عليه و سلم صلاته قال " ما حملكم على إلقائكم
نعالكم " ؟ قالوا رأيناك ألقيت نعليك فألقينا نعالنا فقال رسول الله صلى
الله عليه و سلم " إن جبريل صلى الله عليه و سلم أتاني فأخبرني أن فيهما
قذرا " أو قال أذى وقال " إذا جاء أحدكم إلى المسجد فلينظر فإن رأى في
نعليه قذرا أو أذى فليمسحه وليصل فيهما "
"Dari Abu Sa'id Al-Khudry
berkata: Saat Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam sedang mengimami
para sahabat dalam shalat tiba-tiba beliau melepas kedua sandalnya,
kemudian langsung meletakkannya di sebelah kiri beliau. Ketika para
sahabat melihat yang demikian maka mereka melempar sandal-sandal mereka.
Setelah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam selesai shalat beliau
bertanya: Apa yang membuat kalian melempar sandal-sandal kalian? Mereka
menjawab: Kami melihatmu melempar sandal, maka kamipun melempar sandal.
Beliau berkata: Sesungguhnya Jibril mendatangiku dan mengabarkan bahwa
di dalam kedua sandalku ada kotoran (najis), apabila salah seorang dari
kalian mendatangi masjid maka hendaklah melihat sandalnya, apabila
melihat kotoran (najis) maka hendaklah mengusapnya dan shalat dengan
kedua sandal tersebut" (HR. Abu Dawud dan dishahihkan Syeikh Al-Albany)
Dalam hadist ini Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam melepas
sandal yang yang ada najisnya setelah diberitahu oleh Jibril, ini
menunjukkan tidak sahnya shalat setelah mengetahui ada najis di
sandalnya, dan beliau tidak mengulangi shalatnya, ini menunjukkan sahnya
shalat orang yang membawa najis tetapi tidak mengetahuinya. Dan ini
adalah pendapat jumhur ulama. (Lihat Al-Majmu' 3/163)
JAWAB :
perhatikan baik2 apakah najis pada sandal itu nampak dhohirnya?jelas
nampak,sedangkan pampers bersifat meresap dan tidak nampak.jadi ini
adalah pendalilan ma'al fariq yakni ini kasus yg berbeda.
Dalam satu hadits disebutkan ;
عَنْ أَبِي قَتَادَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ كَانَ يُصَلِّي وَهُوَ حَامِلٌ أُمَامَةَ بِنْتَ زَيْنَبَ
بِنْتِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَلِأَبِي
الْعَاصِ بْنِ الرَّبِيعِ فَإِذَا قَامَ حَمَلَهَا وَإِذَا سَجَدَ
وَضَعَهَا قَالَ يَحْيَى قَالَ مَالِكٌ نَعَمْ
"Dari Abu Qotadah, sesungguhnya Rosulullah Shollallohu 'alaihi
wasallam pernah sholat dalam keadaan menggendong Umamah binti Zainab,
putri Rosulullah Shollallahu 'alaihi wasallam -dan dalam riwarayt Abu
al-Ash bin ar-Robi'- Apabila beliau berdiri, maka beliau
menggendongnya. Dan apabila bersujud maka beliau meletakkannya".
(Shohih Muslim, No.844).
Dari hadits ini pula Imam syafi'i menyimpulkan bahwa hukum asal dari
baju yang dipakai anak kecil itu suci selama tidak benar-benar diketahui
bahwa baju anak tersebut terkena najis.(Al-Umm, Juz : 1 Hal : 72)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar