Rabu, 05 Oktober 2016

Hukum imunisasi dan vaksin

fatwa syeikh muqbil :

ماحكم ما يسمى بالتطعيم أو التلقيح الذي يعطى للأطفال حتى لايصابوا بأمراض معينة ثم ماحكم التداوي من مرض لم يحصل وماحكم التداوي بالسموم والمحرمات ؟

soal : apa hukum imunisasi atau vaksin yang diberikan kepada anak kecil supaya tidak terkena penyakit tertentu,kemudian apa hukum berobat dari penyakit yg belum ada,dan apa hukum berobat dengan racun dan benda yang haram ?

نص الإجابة:
الحمد لله وبعد :
فالتطعيم الأولى هو تركه والإعتماد على الله سبحانه وتعالى : " وَمَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ " ، ولا يبلغ حد الحرمة لأنه ليس لإزالة العدوى ، أما العدوى فقط اختلف العلماء فيها فمنهم من يثبتها ومنهم من ينفيها ، منهم من يثبتها بقدر الله سبحانه وتعالى ، والصحيح أنه لا عدوى فإن النبي - صلى الله عليه وعلى آله وسلم - يقول : " لا عدوى " ، ويقول أيضاً : " لا يعدي شيئ شيئاً " .
لكن هذا التطعيم وما أشبهه من باب الوقاية ولا بأس بذلك إن شاء الله لا يبلغ حد الحرمة ولا حد الكراهة ، لكن الذي يقوى إيمانه ويتوكل على الله فهو أفضل " الذين لا يكتوون ولا يتطيرون وعلى ربهم يتوكلون " ، هذا هو الأفضل .

imunisasi lebih baik ditinggalkan dan berserah diri kepada alloh.alloh berfirman : barangsiapa berserah diri kepada alloh maka dia akan mencukupinya dan ini tidak sampai batas haram karena bukan untuk menghilangkan wabah menular,adapun wabah menular maka  ulama berbeda pendapat,ada yg menetapkannya dan ada yang menafikkannya,dan pendapat yg benar bahwa tidak ada penyakit menular berdasarkan sabda nabi : tidak ada penyakit menular, dan beliau juga bersabda: tidak menulari sesuatu ke sesuatu yg lain.
akan tetapi imunisasi dan sebagainya termasuk bab pencegahan dan tidak masalah insyaalloh tidak sampai haram dan makruh,akan tetapi orang yg kuat imannya dan bertawakkal kepada alloh maka itu lebih utama.sebagaimana sabda nabi : orang yg masuk syurga tanpa hisab yaitu yg tidak minta berobat dengan kayy,tidak merasa sial,dan hanya bertawakkal kepada tuhan mereka.inilah dia yg lebih utama.
أما التداوي بحرام ؛ فإن النبي - صلى الله عليه وعلى آله وسلم - يقول : " تداووا ولا تداووا بمحرم " ، وجاء عنه - صلى الله عليه وعلى آله وسلم - : " ما جعل الله شفاء أمتي فيما حرم عليها " وينظر في الحديث الأخير ، إذا كان فيه كحول أو فيه أشياء محرمة فلا يجوز التداوي بها وليعتمد على الله سبحانه وتعالى .
adapun berobat dengan yg haram,maka nabi telah bersabda : berobatlah, akan tetapi jangan berobat dengan yg haram.beliau juga bersabda:alloh tidak menjadikan kesembuhan umatku pada sesuatu yg haram,jika di dalamnya ada alkohol atau zat yg haram maka TIDAK BOLEH berobat dengannya,maka hendak bergantung hanya kepada alloh saja.
أما السموم إن كان بقدر مرض لا يزول إلا بها ولا تؤثر على الكبد ولا على غيرها فبقدر الحاجة ، هي أيضاً داخلة في المحرمات ، وإذا كانت ربما تؤثر بأمراض أخرى فالواجب هو تركها هذا أمر .
adapun racun atau bakteri jika sesuai penyakit yg tidak hilang kecuali dengannya dan tidak berpengaruh ke lever dan yg lain maka sesuai hajatnya saja.
بقي أمرٌ آخر : المحرم إذا استحال انتفت حرمته مثل : مثل النجاسات التي يوقد عليها من حمام أو غيره حتى تصير رماداً فهي عذرة نجسة لكن إذا أوقد عليها حتى صارت رماداً فلا شيئ فيها وخرجت عن حرمتها .
والخمر إذا تحول إلى خل كذلك أيضاً ، والخمر بعضهم ادعى الإجماع على نجاستة والذي يظهر أنها ليست بنجس هو محرم وليس بنجس وليس كل محرم نجساً .

tersisa perkara lain yaitu sesuatu yg haram jika berubah hilang keharamannya seperti najis yg di  di masak dari merpati atau yg lain sehingga jadi abu maka itu bekas najis,akan tetapi jika di masak sehingga jadi abu maka tidak apa-apa dan telah keluar dari kenajisan 
بالنسبة للتلقيح هو سموم يكون من أجل المناعة للجسم ؟
إذا كان سموم ولا يضر فإن شاء الله لا بأس بهذا ، وكما تقدم أنها لأجل المناعة والوقاية لا من أجل ألا تحديث العدوى .
terkait vaksin itu adalah racun yg untuk menjaga tubuh?
jika tidak berbahaya maka insyaalloh tidak apa-apa seperti penjelasan terdahulu,untuk penjagaan dan pencegahan bukan untuk menghadapi wabah
-------------
من شريط : ( أسئلة الشباب السلفي في حي الدائري
)

http://www.muqbel.ne/fatwa.php?fatwa_id=675

Tidak ada komentar: