اِنَّ ثَوَابَ
الْعِبَادَاتِ الْبَدَنِيَّةِ مِنَ الصَّلاَةِ وَالْقِرَاءَةِ وَغَيْرِهِمَا
يَصِلُ إِلَى الْمَيِّتِ كَمَا يَصِلُ إِلَيْهِ ثَوَابُ الْعِبَادَاتِ
الْمَالِيَّةِ بِاْلإِجْمَاعِ وَهَذَا مَذْهَبُ أَبِي حَنِيْفَةَ وَأَحْمَدَ
وَغَيْرِهِمَا وَقَوْلُ طَائِفَةٍ مِنْ أَصْحَابِ الشَّافِعِي وَمَالِكٍ وَهُوَ
الصَّوَابُ ِلأَدِلَّةٍ كَثِيْرَةٍ ذَكَرْنَاهَا فِي غَيْرِ هَذَا الْمَوْضِعِ (اقتضاء
الصراط المستقيم لابن تيمية 2 / 261)
"Sesungguhnya
pahala ibadah secara fisik seperti salat, membaca al-Quran dan lainnya, bisa
sampai kepada mayit sebagaimana ibadah yang bersifat harta secara Ijma'. Ini
adalah pendapat Abu Hanifah, Ahmad, kelompok ulama Syafi'iyah dan Malikiyah.
Ini adalah yang benar berdasarkan dalil-dalil yang banyak, yang kami jelaskan
di lain kitab ini (dijelaskan oleh Ibnu Taimiyah dalam kitab Majmu'
al-Fatawa 24/306-313)."
jawab :
yang ijma itu sedekah, bukan bacaan.catat itu
adapun tahlilan itu yang bermasalah dan bid'ah karena penentuan harinya yang tertentu tanpa dalil.
adapun tahlilan itu yang bermasalah dan bid'ah karena penentuan harinya yang tertentu tanpa dalil.
Syeikhul Islam sendiri membid’ahkan untuk mengadakan ritual tahlilan di kitabnya yang sama di Majmu’ Fatawa juz 24 hal 316
Dimana
beliau berkata:
وَأَمَّا صَنْعَةُ أَهْلِ الْمَيِّتِ
طَعَامًا يَدْعُونَ النَّاسَ إلَيْهِ فَهَذَا غَيْرُ مَشْرُوعٍ وَإِنَّمَا هُوَ بِدْعَةٌ
بَلْ قَدْ قَالَ جَرِيرُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ : كُنَّا نَعُدُّ الِاجْتِمَاعَ إلَى
أَهْلِ الْمَيِّتِ وَصَنْعَتَهُمْ الطَّعَامَ لِلنَّاسِ مِنْ النِّيَاحَةِ . وَإِنَّمَا الْمُسْتَحَبُّ
إذَا مَاتَ الْمَيِّتُ أَنْ يُصْنَعَ لِأَهْلِهِ طَعَامٌ ، كَمَا قَالَ النَّبِيُّ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَمَّا جَاءَ نَعْيُ جَعْفَرِ بْنِ أَبِي طَالِبٍ
: { اصْنَعُوا لِآلِ جَعْفَرٍ طَعَامًا فَقَدْ أَتَاهُمْ مَا يَشْغَلُهُمْ }.
“ Adapun keluarga mayit membuat makanan, dan
mengundang manusia ke rumahnya maka ini sama sekali tidak di Syari’atkan dan
itu termasuk BID’AH bahkan, (salah seorang sahabat yang bernama )Jarir Bin
Abdillah berkata:” kami dahulu menganggap bahwa berkumpul di rumah keluarga
mayit dan membuat makanan untuk manusia termasuk dalam Niyahah (meratap), akan
tetapi yang disukai jika ada seorang yang meninggal adalah membuat makanan
untuk keluarga mayit sebagaimana Nabi shollallahu ‘alaihi wa sallam
bersabda: “ buatkanlah makanan untuk keluarga Ja’far karena sekarang mereka
telah di timpa kesedihan.”
adapun perselisihan ulama' sampainya bacaan itu sudah jelas adanya
Ibnu Taimiyah
menjelaskan untuk masalah nadzar,
وَأَمَّا اشْتِرَاطُ
إهْدَاءِ ثَوَابِ التِّلَاوَةِ فَهَذَا يَنْبَنِي عَلَى إهْدَاءِ ثَوَابِ
الْعِبَادَاتِ الْبَدَنِيَّةِ : كَالصَّلَاةِ وَالصِّيَامِ ؛ وَالْقِرَاءَةِ
فَإِنَّ الْعِبَادَاتِ الْمَالِيَّةَ يَجُوزُ إهْدَاءُ ثَوَابِهَا بِلَا نِزَاعٍ
وَأَمَّا الْبَدَنِيَّةُ فَفِيهَا قَوْلَانِ مَشْهُورَانِ . فَمَنْ كَانَ مِنْ
مَذْهَبِهِ أَنَّهُ لَا يَجُوزُ إهْدَاءُ ثَوَابِهَا : كَأَكْثَرِ أَصْحَابِ
مَالِكٍ وَالشَّافِعِيِّ كَانَ هَذَا الشَّرْطُ عِنْدَهُمْ بَاطِلًا …. وَمَنْ
كَانَ مَنْ مَذْهَبُهُ أَنَّهُ يَجُوزُ إهْدَاءُ ثَوَابِ الْعِبَادَاتِ
الْبَدَنِيَّةِ : كَأَحْمَدَ وَأَصْحَابِ أَبِي حَنِيفَةَ وَطَائِفَةٍ مِنْ
أَصْحَابِ مَالِكٍ .
“Adapun disyaratkan
(dalam masalah nadzar, pen) menghadiahkan pahala bacaan Qur’an, maka hal ini
kembali pada permasalahan menghadiahkan pahala ibadah badaniyah seperti shalat,
puasa, bacaan Al Qur’an. Untuk ibadah maliyah (berkaitan dengan harta), maka
boleh menghadiahkan pahala kepada si mayit dan hal ini tidak diperselisihkan
oleh para ulama. Untuk ibadah badaniyah, hal ini diperselihkan oleh mereka dan
ada dua pendapat yang masyhur dalam masalah ini. Bagi mereka dalam madzhabnya
menyatakan tidak boleh menghadiahkan pahala kepada si mayit –seperti menjadi
madzhab kebanyakan pengikut Imam Malik dan Imam Asy Syafi’i, maka jika
disyaratkan demikian, maka itu syarat yang batil. … Dan siapa yang madzhabnya
membolehkan mengirimkan pahala ibadah badaniyah kepada si mayit –seperti dalam
madzhab Imam Ahmad, Imam Abu Hanifah dan sebagian pengikut Imam Malik- ….”
(Majmu’ Al Fatawa, 31: 50).
Ibnu Taimiyah menjelaskan,
Akhi, ukhti, yuk baca tulisan lengkapnya di Rumaysho:
https://rumaysho.com/2412-antara-kirim-pahala-dan-acara-selamatan-kematian.html
وَأَمَّا
اشْتِرَاطُ إهْدَاءِ ثَوَابِ التِّلَاوَةِ فَهَذَا يَنْبَنِي عَلَى
إهْدَاءِ ثَوَابِ الْعِبَادَاتِ الْبَدَنِيَّةِ : كَالصَّلَاةِ
وَالصِّيَامِ ؛ وَالْقِرَاءَةِ فَإِنَّ الْعِبَادَاتِ الْمَالِيَّةَ
يَجُوزُ إهْدَاءُ ثَوَابِهَا بِلَا نِزَاعٍ وَأَمَّا الْبَدَنِيَّةُ
فَفِيهَا قَوْلَانِ مَشْهُورَانِ . فَمَنْ كَانَ مِنْ مَذْهَبِهِ أَنَّهُ
لَا يَجُوزُ إهْدَاءُ ثَوَابِهَا : كَأَكْثَرِ أَصْحَابِ مَالِكٍ
وَالشَّافِعِيِّ كَانَ هَذَا الشَّرْطُ عِنْدَهُمْ بَاطِلًا …. وَمَنْ
كَانَ مَنْ مَذْهَبُهُ أَنَّهُ يَجُوزُ إهْدَاءُ ثَوَابِ الْعِبَادَاتِ
الْبَدَنِيَّةِ : كَأَحْمَدَ وَأَصْحَابِ أَبِي حَنِيفَةَ وَطَائِفَةٍ مِنْ
أَصْحَابِ مَالِكٍ .
“Adapun disyaratkan (dalam masalah nadzar, pen) menghadiahkan pahala
bacaan Qur’an, maka hal ini kembali pada permasalahan menghadiahkan
pahala ibadah badaniyah seperti shalat, puasa, bacaan Al Qur’an. Untuk
ibadah maliyah (berkaitan dengan harta), maka boleh menghadiahkan pahala
kepada si mayit dan hal ini tidak diperselisihkan oleh para ulama.
Untuk ibadah badaniyah, hal ini diperselihkan oleh mereka dan ada dua
pendapat yang masyhur dalam masalah ini. Bagi mereka dalam madzhabnya
menyatakan tidak boleh menghadiahkan pahala kepada si mayit –seperti
menjadi madzhab kebanyakan pengikut Imam Malik dan Imam Asy Syafi’i,
maka jika disyaratkan demikian, maka itu syarat yang batil. … Dan siapa
yang madzhabnya membolehkan mengirimkan pahala ibadah badaniyah kepada
si mayit –seperti dalam madzhab Imam Ahmad, Imam Abu Hanifah dan
sebagian pengikut Imam Malik- ….” (Majmu’ Al Fatawa, 31: 50).Akhi, ukhti, yuk baca tulisan lengkapnya di Rumaysho:
https://rumaysho.com/2412-antara-kirim-pahala-dan-acara-selamatan-kematian.html
Ibnu Taimiyah menjelaskan,
Akhi, ukhti, yuk baca tulisan lengkapnya di Rumaysho:
https://rumaysho.com/2412-antara-kirim-pahala-dan-acara-selamatan-kematian.html
وَأَمَّا
اشْتِرَاطُ إهْدَاءِ ثَوَابِ التِّلَاوَةِ فَهَذَا يَنْبَنِي عَلَى
إهْدَاءِ ثَوَابِ الْعِبَادَاتِ الْبَدَنِيَّةِ : كَالصَّلَاةِ
وَالصِّيَامِ ؛ وَالْقِرَاءَةِ فَإِنَّ الْعِبَادَاتِ الْمَالِيَّةَ
يَجُوزُ إهْدَاءُ ثَوَابِهَا بِلَا نِزَاعٍ وَأَمَّا الْبَدَنِيَّةُ
فَفِيهَا قَوْلَانِ مَشْهُورَانِ . فَمَنْ كَانَ مِنْ مَذْهَبِهِ أَنَّهُ
لَا يَجُوزُ إهْدَاءُ ثَوَابِهَا : كَأَكْثَرِ أَصْحَابِ مَالِكٍ
وَالشَّافِعِيِّ كَانَ هَذَا الشَّرْطُ عِنْدَهُمْ بَاطِلًا …. وَمَنْ
كَانَ مَنْ مَذْهَبُهُ أَنَّهُ يَجُوزُ إهْدَاءُ ثَوَابِ الْعِبَادَاتِ
الْبَدَنِيَّةِ : كَأَحْمَدَ وَأَصْحَابِ أَبِي حَنِيفَةَ وَطَائِفَةٍ مِنْ
أَصْحَابِ مَالِكٍ .
“Adapun disyaratkan (dalam masalah nadzar, pen) menghadiahkan pahala
bacaan Qur’an, maka hal ini kembali pada permasalahan menghadiahkan
pahala ibadah badaniyah seperti shalat, puasa, bacaan Al Qur’an. Untuk
ibadah maliyah (berkaitan dengan harta), maka boleh menghadiahkan pahala
kepada si mayit dan hal ini tidak diperselisihkan oleh para ulama.
Untuk ibadah badaniyah, hal ini diperselihkan oleh mereka dan ada dua
pendapat yang masyhur dalam masalah ini. Bagi mereka dalam madzhabnya
menyatakan tidak boleh menghadiahkan pahala kepada si mayit –seperti
menjadi madzhab kebanyakan pengikut Imam Malik dan Imam Asy Syafi’i,
maka jika disyaratkan demikian, maka itu syarat yang batil. … Dan siapa
yang madzhabnya membolehkan mengirimkan pahala ibadah badaniyah kepada
si mayit –seperti dalam madzhab Imam Ahmad, Imam Abu Hanifah dan
sebagian pengikut Imam Malik- ….” (Majmu’ Al Fatawa, 31: 50).Akhi, ukhti, yuk baca tulisan lengkapnya di Rumaysho:
https://rumaysho.com/2412-antara-kirim-pahala-dan-acara-selamatan-kematian.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar