Sabtu, 13 Desember 2014

SYEKH UTSAIMIN TRANSFER PAHALA ?


SYUBHAT :
مجموع فتاوى ورسائل ابن عثيمين - (ج 2 / ص 240)
وسئل فضيلة الشيخ - حفظه الله تعالى-: عن حكم إهداء القراءة للميت؟ فأجاب بقوله : هذا الأمر يقع على وجهين : أحدهما : أن يأتي إلى قبر الميت فيقرأ عنده ، فهذا لا يستفيد منه الميت ؛ لأن الاستماع الذي يفيد من سمعه إنما هو في حال الحياة حيث يكتب للمستمع ما يكتب للقارئ ،وهنا الميت قد انقطع عمله كما قال النبي ، صلى الله عليه وسلم : "إذا مات ابن آدم انقطع عمله إلا من ثلاث صدقة جارية ، أو علم ينتفع به ، أو ولد صالح يدعو له"
الوجه الثاني : أن يقرأ الإنسان القرآن الكريم تقرباً إلى الله - سبحانه وتعالى - ويجعل ثوابه لأخيه المسلم أو قريبه فهذه المسألة مما اختلف فيه أهل العلم: فمنهم من يرى أن الأعمال البدنية المحضة لا ينتفع بها الميت ولو أهديت له ؛ لأن الأصل أن العبادات مما يتعلق بشخص العابد ، لأنها عبارة عن تذلل وقيام بما كلف به وهذا لا يكون إلا للفاعل فقط ، إلا ما ورد النص في انتفاع الميت به فإنه حسب ما جاء في النص يكون مخصصاً لهذا الأصل.
ومن العلماء من يرى أن ما جاءت به النصوص من وصول الثواب إلى الأموات في بعض المسائل ، يدل على أنه يصل إلى الميت من ثواب الأعمال الأخرى ما يهديه إلى الميت. ولكن يبقى النظر هل هذا من الأمور المشروعة أو من الأمور الجائزة بمعنى هل نقول : إن الإنسان يطلب منه أن يتقرب إلى الله- سبحانه وتعالى - بقراءة القرآن الكريم ، ثم يجعلها لقريبه أو أخيه المسلم ، أو أن هذا من الأمور الجائزة التي لا يندب إلى فعلها .
الذي نرى أن هذا من الأمور الجائزة التي لا يندب إلى فعلها وإنما يندب إلى الدعاء للميت والاستغفار له وما أشبه ذلك مما نسأل الله- تعالى - أن ينفعه به، وأما فعل العبادات وإهداؤها فهذا أقل ما فيه أن يكون جائزاً فقط وليس من الأمور المندوبة ، ولهذا لم يندب النبي ، صلى الله عليه وسلم ، أمته إليه بل أرشدهم إلى الدعاء للميت فيكون الدعاء أفضل من الإهداء.
“Syaikh Ibnu Utsaimin ditanya tentang hukum menghadiahkan bacaan al-Quran untuk mayit? Ia menjawab: Masalah ini ada dua bentuk. Pertama: Seseorang mendatangi makam mayit kemudian membaca al-Quran di dekatnya. Dalam hal ini mayit tidak dapat manfaat dari bacaan. Sebab yang bisa mendengarkan dari bacaan al-Quran hanya ketika masih hidup, sebagaimana (dalam hadis) orang yang mendengarkan dicatat pahalanya seperti orang yang membacanya. Sementara disini amal mayit telah terputus, sebagaimana sabda Nabi Saw: “Jika anak Adam mati maka terputus amalnya kecuali dari 3, sedekah yang mengalir, ilmu yang bermanfaat, atau anak sholeh yang mendoakannya” (HR Muslim)
Kedua, seseorang membaca al-Quran yang mulia sebagai pendekatan diri kepada Allah dan menjadikan pahalanya kepada saudaranya yang muslim atau kerabatnya, maka dalam masalah ini para ulama beda pendapat. Sebagian berpendapat bahwa amal ibadah yang bersifat fisik tidak dapat dirasakan manfaatnya oleh mayit, meskipun dihadiahkan, Sebab dasar ibadah termasuk hal yang berkaitan dengan diri seseorang. Karena ibadah adalah ibarat ketundukan dan mendirikan ibadah yang ia jalankan. Hal ini hanya didapatoleh pelakunya saja, kecuali hadis yang menjelaskan bahwa mayit dapat menerima manfaatnya (haji, puasa dan sedekah).
Sebagian ulama berpendapat bahwa dalil-dalil hadis tentang sampainya pahala kepada orang yang meninggal (haji, puasa dan sedekah) menunjukkan sampainya pahala amal ibadah yang lain yang dihadiahkan kepada mayit. Tetapi tetap dilihat apakah hal ini bagian dari hal-hal disyariatkan ataukah hal-hal yang diperbolehkan yang tidak sunah untuk dilakukan. Menurut pendapat kami hal ini tergolong hal-hal yang diperbolehkan yang tidak sunah untuk dilakukan. Yang disunahkan adalah mendoakan mayit, memintakan ampunan untuknya dan sebagainya. Sedangkan melakukan ibadah dan menghadiahkan kepada mayit, minimal hukumnya adalah boleh, tidak sunah. Oleh karenanya Nabi Saw tidak menganjurkannya kepada umatnya, tetapi memberi petunjuk untuk mendoakan mayit. Maka doa lebih utama daripada menghadiahkan bacaan al-Quran” (Majmu’ Fatawa wa Rasail Ibnu Utsaimin 2/240)
JAWAB : ini akibat salah memahami perkataan beliau.jaiz dalam perkataan beliau adalah lawan dari masyru'/disyariatkan yaitu muhdats /perkara baru/bid'ah.perhatikan kata beliau :
هل هذا من الأمور المشروعة أو من الأمور الجائزة
apakah hal ini bagian dari hal-hal disyariatkan ataukah hal-hal yang jaizah yang tidak sunah untuk dilakukan
dan juga terlihat jelas dalam fatwa beliau yang lain dalam kitab yang sama
Tertulis dalam kitab Majmu’ Fatawa war Rasail-nya:
سئل فضيلة الشيخ رحمه الله تعالى : ما حكم قراءة القرآن على القبر بعد دفن الميت؟ وما حكم استئجار من يقرأون في البيوت ونسميها رحمة على الأموات؟
فأجاب فضيلته بقوله: الراجح من أقوال أهل العلم أن القراءة على القبر بعد الدفن بدعة؛ لأنها لم تكن في عهد الرسول صلى الله عليه وسلم، ولم يأمر بها ولم يكن يفعلها. بل غاية ما ورد في ذلك أنه كان عليه الصلاة والسلام بعد الدفن يقف ويقول: "استغفروا لأخيكم، واسألوا له التثبيت، فإنه الان يسأل". ولو كانت القراءة عند القبر خيراً وشرعاً لأمر بها النبي صلى الله عليه وسلم حتى تعلم الأمة ذلك.
وأيضاً اجتماع الناس في البيوت للقراءة على روح الميت لا أصل له، وما كان السلف الصالح رضي الله عنهم يفعلونه، والمشروع للمسلم إذا أصيب بمصيبة أن يصبر ويحتسب الأجر عند الله، ويقول ما قاله الصابرون "إنا لله وإنا إليه راجعون.. اللهم أجرني في مصيبتي واخلف لي خيراً منها" وأما الاجتماع عند أهل الميت، وقراءة القرآن ووضع الطعام وما شابه ذلك فكلها من البدع.
Syaikh yang mulia ditanya: apakah hukum membaca Al Quran di kuburan setelah dikuburkan mayit? Apakah hukum membaca Al Quran di rumah-rumah untuk mengirim pahala, dan kami menamakannya rahmat bagi mayit?
Beliau menjawab: “Pendapat yang kuat adalah perkataan ulama yang mengatakan bahwa membaca Al Quran di kuburan setelah mayit dikubur adalah BID'AH, karena hal itu tidak terjadi pada masa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dan Beliau tidak memerintahkannya dan tidak pula melakukannya. Justru yang sunah dalam riwayat tentang ini adalah Beliau Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam berdiri setelah mayit dikuburkan dan berkata: “Beristighfarlah untuk saudara kalian, dan mintalah untuknya keteguhan, karena saat ini dia sedang ditanya.” Jika membaca Al Quran di sisi kubur adalah baik dan disyariatkan, niscaya Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam akan memerintahkan sehingga umat tahu tentang hal itu.
Begitu pula berkumpulnya manusia di rumah-rumah dengan membaca Al Quran bagi ruh mayit, hal ini tidak ada dasarnya, tidak pula dilakukan oleh salafush shalih Radhiallahu ‘Anhum. Yang disyariatkan bagi seorang muslim jika tertimpa musibah adalah hendaknya dia bersabar, berharap mendapatkan pahala dari Allah, dan berkata seperti ucapan orang-orang sabar: Inna lillahi wa inna ilaihi raaji’un..... Allahumma ajirniy fi mushibatiy wakhlufliy khairan minha.” Ada pun berkumpul di sisi mayit, dan membaca Al Quran, menyediakan makanan, dan hal yang semisal itu, maka semuanya adalah bid’ah. (Syaikh Muhammad bin Shalih Al ‘Utaimin, Majmu’ Fatawa war Rasail, 17/132)

Tidak ada komentar: