Jumat, 14 November 2014

SYUBHAT QUNUT SHUBUH 2


tentang hadits :
حدثنا أحمد بن منيع أخبرنا يزيد بن هارون عن أبي مالك الأشجعي قال: قلت لأبي: يا أبت إنك قد صليت خلف رسول الله صلى الله عليه وسلم وأبي بكر وعمر وعثمان وعلي بن أبي طالب هاهنا بالكوفة، نحوا من خمس سنين، أكانوا يقنتون؟ قال: أي بني محدث.
Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Manii’: Telah mengkhabarkan kepada kami Yaziid bin Haaruun dari Abu Maalik Al-Asyja’iyia berkata : “Aku pernah bertanya kepada ayahku: ‘Wahai ayahku, engkau pernah shalat di belakang Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam, Abu Bakr, ‘Umar, ‘Utsmaan, dan ‘Aliy di sini, yaitu di Kuufah selama kurang lebih lima tahun. Apakah mereka semua melakukan qunut ?”. Ayahku menjawab : “Wahai anakku, itu adalah perbuatan muhdats (perkara baru” [Diriwayatkan oleh At-Tirmidziy no. 402, dan ia berkata : “Hadits ini hasan shahih”].
mereka berkata : Sebagian ulama mengatakan hadits ini telah terjadi tashih dan tahrif. Ucapan rowi yang berbunyi :
أي بني محدث
“Wahai anakku, itu adalah perbuatan muhdats (perkara baru)”
Telah terjadi kerancuan lafadznya dengan makna yang berbeda yang bukan maksud sebenarnya. Lafadz (أي)  dengan alif yang difathah, maknanya adalah “ Aku heran “, menjadi syubhat dengan lafadz  (إي) yang alifnya dikasrah yang bermakna  “ Ya “.
Sedangkan lafadz (محدث)  “ Perkara baru “ adalah isim yang rancu dengan lafadz (فحدث)   “ Maka sapaikanlah hadits ini “, huruf fa’nya dirubah menjadi huruf mim. Ini merupakan bentuk tashif yakni hadis yang sudah diubah titiknya (mushahhaf), dan bentuknya (muharraf). Maka seharunya berbunyi :
إي بني فحدث
“ Ya wahai anaku (mereka melakukan qunut), maka sampaikanlah dengan ini “.
Hadits tersebut dengan lafadz  أي بني محدث   dan semisalnya disebutkan oleh at-Tirmidzi, an-Nasai dan Ibnu Majah, padahal dari mereka pula telah datang hadits yang menentangnya sebagaimana pemaparan kami sebelumnya, terutama dari dua sahih.
Dan pertanyaan yang menggunakan huruf istifham seharusnya jawabannya pada umumnya menggunakan huruf Na’am (ya) atau Laa (tidak) atau semisalnya, dan ini menguatkan hujjah kami.
JAWAB : tashif darimana ??? justru banyak riwayat lain yang menjelaskan kebenaran,dan hadits satu dg yg lain saling menjelaskan.lihatlah :
1) memang sebagian riwayat memakai istifham dan sebagian tidak,dan semua mu'tamad.
(أكانوا يقنتون) بإثبات همزة الاستفهام. وفي نسخ المصابيح بإسقاطها. واختلفت نسخ الترمذي في ذلك، فبعضها بحذفها وبعضها بإثباتها
adapun lafadz (أكانوا يقنتون) dg menetapkan hamzah bentuk pertanyaan dan dalam naskah al mashobih dg menghilangkanya.dan berbeda2 pula naskah imam tirmidzi tentang itu,sebagian dg menghilangkannya dan sebagian menetapkannya(MURO'ATUL MAFATIH juz 4 hal 308)
2) adapun yang menetapkan ternyata ada yang sempurna dg jawabannya yaitu laa atau tidak dalam riwayat imam ahmad no 26570
حدثنا عبد الله حدثني أبى حدثنا حسين بن محمد ثنا خلف عن أبى مالك قال : كان أبى قد صلى خلف رسول الله صلى الله عليه و سلم وهو بن ست عشرة سنة وأبي بكر وعمر وعثمان فقلت له أكانوا يقنتون قال لا أي بني محدث
3) adapun yang tidak memakai soal pun juga ada,tanpa jawaban laa.riwayat ibnu majah no.1241
 حدثنا أبو بكر بن أبي شيبة . حدثنا عبد الله بن إدريس وحفص بن غياث ويزيد بن هارون عن أبي مالك الأشجعي سعد بن طارق قال
 : - قلت لأبي يا أبت إنك قد صليت خلف رسول الله صلى الله عليه و سلم وأبي بكر وعمر وعثمان وعلي هاهنا بالكوفة نحوا من خمس سنين . فكانوا يقنتون في الفجر ؟ فقال أي بني محدث
4) adapula yg langsung menyatakan bid'ah bukan fahaddis,riwayat nasai no.1069
أَخْبَرَنَا قُتَيْبَةُ، عَنْ خَلَفٍ وَهُوَ ابْنُ خَلِيفَةَ، عَنْ أَبِي مَالِكٍ الْأَشْجَعِيِّ، عَنْ أَبِيهِ، قال: صَلَّيْتُ خَلْفَ رَسُولِ اللَّهِ  " فَلَمْ يَقْنُتْ وَصَلَّيْتُ خَلْفَ أَبِي بَكْرٍ فَلَمْ يَقْنُتْ وَصَلَّيْتُ خَلْفَ عُمَرَ فَلَمْ يَقْنُتْ وَصَلَّيْتُ خَلْفَ عُثْمَانَ فَلَمْ يَقْنُتْ وَصَلَّيْتُ خَلْفَ عَلِيٍّ فَلَمْ يَقْنُتْ، ثُمَّ قَالَ: يَا بُنَيَّ إِنَّهَا بِدْعَةٌ "
5) ibnu hajar telah mengesah riwayat semacam ini
قال الحافظ في التلخيص إسناده حسن
imam bukhori un mnshohihkan
قال البخاري : طارق بن الأشيم له صحبة .
 وهذا الإسناد صحيح
adapun yg mencacatnya hanyalah yg fanatik saja demikian dikatakan bukhori
وقد تعصب أبو بكر الخطيب فقال : في صحبة طارق نظر
imam ibnul hammam :
قال ابن الهمام وهذا سند لا غبار عليه وبما ذكرناه نقطع بأن القنوت لم يكن سنة راتبة ، ولو كان راتبة يفعله عليه الصلاة والسلام كل صبح يجهر به ، ويؤمن من خلفه أو يسر به ، كما قال مالك إلى أن توفاه الله تعالى ، لم يتحقق هذا الاختلاف بل كان سبيله أن ينقل كنقل جهر القراءة ومخافنتها وأعداد الركعات
sanad hadits ibni tidak ada debu diatasnya/tidak ada cacat padanya,dan dg itu kami nyatakan bahwa qunut bukan sunnah yg dirutinkan,andai dirutinkan tentu nabi melakukan tiap shubuh dan mengeraskan dan mengamini yg dibelakangnya atau melirihkannya,seperti dikatakan imam malik yakni sampai nabi wafat tidak jelas nampak perbedaan ini,justru seharusnya di nukil dari beliau seperti dinukilnya bacaan sholat saat mengeraskan dan melirihkannya dan seperti jumlah rokaat dalam kitab tuhfatul ahwadzi juz 2 hal 362
أن القول الراجح هو أن القنوت مختص بالنوازل
sesungguhnya pendapat yg terkuat adalah bahwa qunut dalam sholat wajib hanya khusus ketika nawazil ada bencana.
6) adapun perkataan Imam Sufyan Ats Tsauri yang berkata :
إِنْ قَنَتَ فِى الْفَجْرِ فَحَسَنٌ وَإِنْ لَمْ يَقْنُتْ فَحَسَنٌ.
Jika melakukan qunut maka itu baik dan jika meninggalkannya itu juga baik
maka dijawab : ini menunjukan itu bukan sesuatu yg pantas dirutinkan.sedangkan Imam Sufyan Ats Tsauri yang berpendapat untuk tidak melakukan qunut,lihat lengkap perkataannya :
إِنْ قَنَتَ فِي الْفَجْرِ فَحَسَنٌ وَإِنْ لَمْ يَقْنُتْ فَحَسَنٌ وَاخْتَارَ أَنْ لَا يَقْنُتَ وَلَمْ يَرَ ابْنُ الْمُبَارَكِ الْقُنُوتَ فِي الْفَجْرِ

Jika melakukan qunut maka itu baik dan jika meninggalkannya itu juga baik dan Imam Sufyan Ats Tsauri memilih untuk tidak berqunut,begitu pula imam ibnul mubarok berpendapat tidak berqunut dalam sholat shubuh.

Tidak ada komentar: