Minggu, 09 November 2014

DALIL QUNUT SHUBUH


SOAL : QUNUT SHUBUH TERUS MENERUS SUNNAH ?
JAWAB : TIDAK,KARENA TIDAK ADA DALIL SHOHIH TERUS MENERUS
SOAL :BAGAIMANA DENGAN HADITS
فَأَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ الْحَافِظُ ، حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ حَمْشَاذٍ الْعَدْلُ ، حَدَّثَنَا الْعَبَّاسُ بْنُ الْفَضْلِ الأُسْفَاطِيُّ ، حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ يُونُسَ ، حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بِشْرٍ الْعَبْدِيُّ ، حَدَّثَنَا الْعَلاءُ بْنُ صَالِحٍ ، حَدَّثَنِي بُرَيْدُ بْنُ أَبِي مَرْيَمَ ، حَدَّثَنَا أَبُو الْحَوْرَاءِ ، قَالَ : سَأَلْتُ الْحَسَنَ بْنَ عَلِيٍّ : مَا عَقَلْتَ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم ؟ قَالَ : عَلَّمَنِي دَعَوَاتٍ أَقُولُهُنَّ : اللَّهُمَّ اهْدِنِي فِيمَنْ هَدَيْتَ ، وَعَافِنِي فِيمَنْ عَافَيْتَ ، وَتَوَلَّنِي فِيمَنْ تَوَلَّيْتَ ، وَبَارِكْ لِي فِيمَا أَعْطَيْتَ ، وَقِنِي شَرَّ مَا قَضَيْتَ ، إِنَّكَ تَقْضِي ، وَلا يُقْضَى عَلَيْكَ أُرَاهُ قَالَ : إِنَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ قَالَ : فَذَكَرْتُ ذَلِكَ لِمُحَمَّدِ بْنِ الْحَنَفِيَّةِ ، فَقَالَ : إِنَّهُ الدُّعَاءُ الَّذِي كَانَ أَبِي يَدْعُو بِهِ فِي صَلاةِ الْفَجْرِ فِي قُنُوتِهِ
Maksudnya:
Al-Hasan bin Ali . katanya: Rasulullah . telah mengajarku membaca beberapa kalimah untuk aku ucapkan: Ya Tuhanku, tunjukilah aku bersama orang-orang yang Engkau tunjuki, dan sihatkanlah aku bersama orang-orang yang Engkau sihatkan, dan pimpinlah aku bersama orang-orang yang Engkau pimpin, dan berkatilah aku bersama orang-orang yang Engkau berikan kurnia, dan lindungilah aku dari bencana yang Engkau takdirkan, sesungguhnya Engkaulah yang mentakdirkan dan tiadalah Engkau yang ditakdirkan dan bahwasanya tiadalah akan terhina orang yang Engkau pimpin, Maha Mulia Engkau, wahai Tuhan kami dan Maha Tinggi Engkau. Muhammad bin al-Hanafiyah berkata: Sesungguhnya doa ini merupakan doa yang selalu dibaca oleh ayah saya pada solat Subuh dalam qunutnya. (Riwayat Baihaqi)
DAN RIWAYAT :
وَمِنْهَا مَا أَخْبَرَنَا أَبُو سَعْدٍ الْمَالِينِىُّ أَخْبَرَنَا أَبُو أَحْمَدَ بْنُ عَدِىٍّ الْحَافِظُ حَدَّثَنَا السَّاجِىُّ حَدَّثَنَا بُنْدَارٌ حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ حَدَّثَنَا الْعَوَّامُ بْنُ حَمْزَةَ قَالَ : سَأَلْتُ أَبَا عُثْمَانَ عَنِ الْقُنُوتِ فِى الصُّبْحِ قَالَ : بَعْدَ الرُّكُوعِ. قُلْتُ : عَمَّنْ؟ قَالَ : عَنْ أَبِى بَكْرٍ وَعُمَرَ وَعُثْمَانَ رَضِىَ اللَّهُ عَنْهُمْ. هَذَا إِسْنَادٌ حَسَنٌ.
Awam bin Hamzah telah bertanya Abu Utsman tentang qunut pada solat Subuh. Beliau menjawab: Sesudah rukuk. Awam bertanya lagi: Fatwa siapakah itu? Beliau menjawab: Fatwa Abu Bakar, Umar dan Utsman radiyallahu anhum ajmaiin. (Riwayat al-Baihaqi)
JAWAB : HADITSNYA HASAN,NAMUN QUNUT DALAM SHOLAT SHUBUH BUKAN BERARTI QUNUT SHUBUH KHUSUS APALAGI QUNUT SHUBUH TERUS MENERUS,MAKA ITU KURANG TEPAT KARENA SANGAT MUNGKIN ITU QUNUT NAZILAH,SEPERTI DI BANYAK RIWAYAT.DIANTARANYA :
Umar pernah melakukannya
حَدَّثَنَا ابْنُ الْمُثَنَّى، قَالَ: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا شُعْبَةُ، عَنْ عَطَاءِ بْنِ أَبِي مَيْمُونَةَ، عَنْ أَبِي رَافِعٍ، أَنَّهُ قَنَتَ مَعَ عُمَرَ فِي صَلاةِ الصُّبْحِ بَعْدَ الرُّكُوعِ، يَدْعُو عَلَى الْفَجَرَةِ
Telah menceritakan kepada kami Ibnul Mutsannaa yang berkata telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Ja’far yang berkata telah menceritakan kepada kami Syu’bah dari ‘Athaa’ bin Abi Maimuunah dari Abu Raafi’ Bahwasannya ia pernah melakukan qunut bersama ‘Umar dalam shalat Shubuh setelah rukuk untuk mendoakan kejelekan bagi orang-orang yang durhaka” [Tahdziib Al Atsaar Ibnu Jarir Ath Thabariy no. 586].Riwayat ini sanadnya shahih. Muhammad bin Mutsanna seorang yang tsiqat tsabit [Taqrib At Tahdzib 2/129]. Muhammad bin Ja’far atau Ghundar seorang yang tsiqat dan shahih kitabnya [Taqrib At Tahdzib 2/63]. Syu’bah adalah seorang yang tsiqat hafizh mutqin, amirul mukminin dalam hadis [Taqrib At Tahdzib 1/418]. Atha’ bin Abi Maimunah seorang yang tsiqat dan dituduh berpahaman Qadariy [Taqrib At Tahdzib 1/676]. Abu Rafi’ Ash Sha’igh seorang yang tsiqat tsabit [Taqrib At Tahdzib 2/252]
SOAL : TAPI KENAPA KADANG SEBELUM RUKUK ? SEPERTI :
حدثنا أبو بكر قال حدثنا وكيع بن الجراح قال حدثنا سفيان عن مخارق عن طارق بن شهاب أنه صلى خلف عمر بن الخطاب الفجر فلما فرغ من القراءة كبر ثم قنت ثم كبر ثم ركع
Telah menceritakan kepada kami Abu Bakar yang berkata telah menceritakan kepada kami Waki’ bin Jarrah yang berkata telah menceritakan kepada kami Sufyaan dari Mukhaariq dari Thaariq bin Syihaab bahwasanya ia shalat shubuh di belakang Umar bin Khaththab maka ketika Umar selesai membaca surat ia bertakbir kemudian membaca Qunut, kemudian takbir kemudian ruku’ [Al Mushannaf Ibnu Abi Syaibah 2/107 no 7033]
Riwayat ini sanadnya shahih hingga Umar bin Khaththab. Sufyaan Ats Tsawriy adalah seorang tsiqat faqih ahli ibadah imam hujjah [Taqrib At Tahdzib Ibnu Hajar 1/371]. Mukhariq bin Khaliifah seorang yang tsiqat [Taqrib At Tahdzib Ibnu Hajar 2/165]. Thariq bin Syihaab Al Ahmasiy ia seorang yang pernah melihat Nabi [shallallahu ‘alaihi wasallam] tetapi tidak mendengar hadis darinya [Taqrib At Tahdzib Ibnu Hajar 1/447].
JAWAB : YA MEMANG PADA ZAMAN UMAR PERNAH ADA DAN ITU SUNAH SAHABAT,JADI BOLEH SAJA QUNUT NAZILAH SEBELUM RUKUK
SEPERTI DIJELASKAN IBNU ROJAB SAAT MENJELASKAN HADITS :
وحدثنا أبو بكر بن أبي شيبة وأبو كريب قالا حدثنا أبو معاوية عن عاصم عن أنس قال سألته عن القنوت قبل الركوع أو بعد الركوع ؟ فقال قبل الركوع قال قلت فإن ناسا يزعمون أن رسول الله صلى الله عليه و سلم قنت بعد الركوع فقال إنما قنت رسول الله صلى الله عليه و سلم شهرا يدعو على أناس قتلوا أناسا من أصحابه يقال لهم القراء
Telah menceritakan kepada kami Abu Bakar bin Abi Syaibah dan Abu Kuraib keduanya berkata telah menceritakan kepada kami Abu Mu’awiyah dari ‘Aashim dari Anas yang berkata aku bertanya kepadanya tentang Qunut sebelum ruku’ atau sesudah ruku’?. Maka ia berkata “sebelum ruku”. Aku berkata bahwa orang-orang menganggap bahwa Rasulullah [shallallahu ‘alaihi wasallam] qunut setelah ruku’. Maka ia berkata “sesungguhnya Rasulullah [shallallahu ‘alaihi wasallam] hanya qunut [setelah ruku’] satu bulan mendoakan orang-orang yang membunuh para sahabatnya yang adalah penghafal Al Qur’an [Shahih Muslim 1/468 no 677] BELIAU BERKATA :
وليس في شيء من هذه الروايات : مدوامة القنوت ، كما في رواية عبد الواحد بن زياد التي خرجها البخاري ، مع أنه لا دلالة فيها على ذلك - على تقدير أن تكون محفوظة - ؛ فإنه ليس فيها تصريح بأن النَّبيّ ( هوَ الذي كانَ يقنت قبل الركوع ، فيحتمل أن يريد أن مدة قنوت النَّبيّ ( كانت شهرا بعد الركوع ، وكان غيره من الخلفاء يقنت قبل الركوع ، ولعله يريد قنوت عمر ، لما كانَ يبعث الجيوش إلى بلاد الكفار ، فكان يقنت ويستغفر لهم
DAN TIDAKLAH DALAM HADITS INI HUJJAH QUNUT TERUS MENERUS,SEPETI DALAM RIWAYAT ABDUL WAHID IBN ZIYAD YANG DIKELUARKAN BUKHORI,SEDANGKAN TIDAK ADA YG MENUNJUKKAN HAL ITU.KALAUPUN ITU SHOHIH,MAKA DISITU TIDAK JELAS BAHWA NABI QUNUT SEBELUM RUKU'.KEMUNGKINAN YG DIMAKSUD ADALAH NABI SETELAH RUKUK SEDANGKAN SEBELUM RUKU' PADA MASA KHULAFA' ROSYIDIN.BISA JADI YANG DIMAKSUD QUNUT UMAR SAAT MENGIRIM TENTARA KE NEGARA KAFIR, MAKA BELIAU QUNUT DAN MEMOHONKAN AMPUN BAGI MEREKA(FATHUL BARI JUZ 6 HAL 272)
SOAL : BUKANKAH QUNUT NAZILAH HARUS DI LIMA SHOLAT WAJIB ?
JAWAB : QUNUT BOLEH DI SELURUH SHOLAT WAJIB SECARA KESELURUHAN ATATUPUN SEBAGIAN,BANYAK RIWAYAT MENYEBUTKAN,
Aliy bin Abi Thalib [‘alaihis salaam] pernah melakukan qunut nazilah pada saat perang
حَدَّثَنَا عُبَيد الله بن معاذ قَال حدثني أبي قَال حَدَّثَنَا شُعبة عن عُبَيد أبي الحسن سمع عبد الرحمن بن معقل يقول شهدت علي بن أبي طالب قنت في صلاة العتمة بعد الركوع يدعو في قنوته على خمسة رهط على معاوية وأبي الأعور
Telah menceritakan kepada kami ‘Ubaidillah bin Mu’adz yang berkata telah menceritakan kepadaku ayahku yang berkata telah menceritakan kepada kami Syu’bah dari ‘Ubaid Abi Hasan yang mendengar ‘Abdurrahman bin Ma’qil berkata “aku menyaksikan Ali bin ‘Abi Thalib membaca qunut dalam shalat ‘atamah [shalat malam yaitu maghrib atau isya’] setelah ruku’ untuk lima orang untuk Mu’awiyah dan Abul A’war [Ma’rifat Wal Tarikh Ya’qub bin SufyanAl Fasawi 3/134]
Riwayat ini sanadnya shahih. Ubaidillah bin Mu’adz seorang hafizh yang tsiqat [Taqrib At Tahdzib 1/639]. Ayahnya Mu’adz bin Mu’adz seorang yang tsiqat mutqin [Taqrib At Tahdzib 2/193]. Syu’bah adalah seorang yang tsiqat hafizh mutqin, amirul mukminin dalam hadis [Taqrib At Tahdzib 1/418]. Ubaid bin Hasan Al Muzanniy kuniyah Abu Hasan seorang yang tsiqat [Taqrib At Tahdzib 1/643]. ‘Abdurrahman bin Ma’qil Al Muzanniy seorang tabiin yang tsiqat [Taqrib At Tahdzib 1/591].
Diriwayatkan dari Barra’ bin ‘Azib Radhiyallahu’anhu: “Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam terkadang berdoa Qunut (ketika ada musibah) pada shalat Shubuh dan shalat Maghrib” [HR. Bukhari]
Diriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu’anhu:
“Selama sebulan penuh Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam setelah membaca سمع اللَّهُ لِمَنْ حَمِدَهُ pada raka’at terakhir dari shalat Isya beliau membaca doa Qunut:
اللَّهُمَّ أَنْجِ عَيَّاشَ بْنَ أَبِي رَبِيعَةَ اللَّهُمَّ أَنْجِ الْوَلِيدَ بْنَ الْوَلِيدِ اللَّهُمَّ أَنْجِ سَلَمَةَ بْنَ هِشَامٍ اللَّهُمَّ أَنْجِ الْمُسْتَضْعَفِينَ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ اللَّهُمَّ اشْدُدْ وَطْأَتَكَ عَلَى مُضَرَ اللَّهُمَّ اجْعَلْهَا عَلَيْهِمْ سِنِينَ كَسِنِي يُوسُفَ
Ya Allah, tolonglah ‘Ayyash bin Abi Rabi’ah. Ya Allah, tolonglah Walid bin Al Walid. Ya Allah, tolonglah Salamah bin Hisyam. Ya Allah, tolonglah orang-orang lemah dari kaum mu’minin. Ya, Allah sempitkanlah jalan-Mu atas orang-orang yang durhaka. Ya Allah, jadikanlah tahun-tahun yang mereka lewati seperti tahun-tahun yang dilewati Yusuf “ [HR. Bukhari]

hadits Abdullah bin Abbas radhiallahu 'anhu, dia berkata:

قنت رسول الله صلى الله عليه و سلم شهرا متتابعا في الظهر والعصر والمغرب والعشاء وصلاة الصبح في دبر كل صلاة إذا قال " سمع الله لمن حمده " من الركعة الآخرة يدعو على أحياء من بني سليم على رعل وذكوان وعصية ويؤمن من خلفه

“Rasulullah صلى الله عليه وسلم membaca doa qunut satu bulan berturut-turut pada shalat Zhuhur, Ashar, Magrib, dan Isya pada (rakaat) terakhir dari setiap shalat. Apabila telah mengucapkan “sami’allahu liman hamidah” pada rakaat terakhir, beliau mendoakan (kehancuran) atas beberapa suku dari Bani Sulaim, yaitu Ri'l, Dzakwan, dan ‘Ushaiyyah. Sedangkan (para makmum) di belakang beliau mengucapkan amin.” [HR Abu Daud (1443). Hadits hasan.]
- See more at: http://dakwahquransunnah.blogspot.com/2013/08/qunut-nazilah.html#sthash.t9gh1anG.dpuf

Tidak ada komentar: