Rabu, 20 Maret 2019

Imam al ghazali taubat dari filsafat


Ibnu Abil ‘Izz al-Hanafiy rahimahullah menyatakan dalam syarh al-‘Aqiidah atThohawiyyah:
وكذلك الغزالي ـ رحمه الله ـ انتهى آخرُ أمرِه إلى الوقف والحيرة في المسائل الكلاميَّة، ثمَّ أعرَضَ عن تلك الطُّرُق، وأقبَل على أحاديث الرَّسول – صلى الله عليه وسلم -، فمات و(البخاري) على صدره
Demikian juga al-Ghozali semoga Allah merahmatinya, akhir urusannya adalah berhenti dan kebingungan terhadap masalah-masalah Kalamiyyah (filsafat). Kemudian beliau berpaling dari jalan-jalan itu (filsafat dan ilmu kalam). Beliau menghadapkan dirinya kepada hadits-hadits Rasul shollallahu alaihi wasallam, kemudian beliau meninggal dunia dalam keadaan kitab Shahih al-Bukhari berada di atas dadanya (Syarh al-Aqiidah al-Thohawiyyah karya Ibnu Abil ‘Izz al-Hanafiy halaman 169 penerbit Daarul Aqiidah –bersama syarh Syaikh Abdul Aziz bin Baz dan Syaikh Sholih al-Fauzan)
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah menyatakan:
وَأَبُو حَامِدٍ إنَّمَا ذَمَّ التَّأْوِيلَ فِي آخِرِ عُمْرِهِ وَصَنَّفَ ” إلْجَامَ الْعَوَامِّ عَنْ عِلْمِ الْكَلَامِ “
Abu Hamid (al-Ghozaliy) mencela takwil di akhir usianya dan menyusun karya: Iljaamul ‘Awwaam ‘an ‘Ilmil Kalaam (Majmu’ Fataawa Ibn Taimiyyah (17/357))
وَهَذَا أَبُو حَامِدٍ الْغَزَالِيُّ مَعَ فَرْطِ ذَكَائِهِ وَتَأَلُّهِهِ وَمَعْرِفَتِهِ بِالْكَلَامِ وَالْفَلْسَفَةِ وَسُلُوكِهِ طَرِيقَ الزُّهْدِ وَالرِّيَاضَةِ وَالتَّصَوُّفِ يَنْتَهِي فِي هَذِهِ الْمَسَائِلِ إلَى الْوَقْفِ وَالْحَيْرَةِ وَيُحِيلُ فِي آخِرِ أَمْرِهِ عَلَى طَرِيقَةِ أَهْلِ الْكَشْفِ وَإِنْ كَانَ بَعْدَ ذَلِكَ رَجَعَ إلَى طَرِيقَةِ أَهْلِ الْحَدِيثِ وَصَنَّفَ ” إلْجَامَ الْعَوَامِّ عَنْ عِلْمِ الْكَلَامِ ” .
Inilah Abu Hamid al-Ghozali yang dengan kecerdasannya yang luar biasa dan sikap pengagungan dan pengenalan terhadap ilmu Kalam dan filsafat, metode untuk menempuhnya, dan jalan zuhud, riyadhoh, dan tasawwuf, berakhir pada permasalahan-permasalahan ini kepada sikap berhenti dan kebingungan dan memindahkan akhir perkaranya pada jalannya Ahlul Kasyf. Meskipun kemudian setelah itu beliau kembali kepada jalan yang ditempuh Ahlul Hadits dan menyusun karya “Iljaamul ‘Awwaam ‘an ‘Ilmil Kalaam” (Majmu’ Fataawa Ibn Taimiyyah (4/72)
Al-Imam anNawawiy rahimahullah menyatakan dalam kitab al-Majmu’ Syarhul Muhadzdzab:
وقد بالغ امامنا الشافعي رحمه الله تعالى في تحريم الإشتغال بعلم الكلام اشد مبالغة واطنب في تحريمه وتغليظ العقوبة لمتعاطيه وتقبيح فعله وتعظيم الاثم فيه فقال لأن يلقي الله العبد بكل ذنب ما خلا الشرك خير من أن يلقاه بشئ من الكلام: والفاظه بهذا المعنى كثيرة مشهورة: وقد صنف الغزالي رحمه الله في آخر أمره كتابه المشهور الذى سماة الجام العوام عن علم الكلام
Imam kami asy-Syafi’i semoga Allah Ta’ala merahmatinya benar-benar menekankan haramnya menyibukkan diri dengan ilmu Kalam, beliau sangat mengharamkannya, dan menekankan siksaan yang berat bagi orang yang mempelajarinya. Beliau juga sangat mencela pelakunya dan menganggap dosanya sangat besar. Beliau (al-Imam asySyafii) berkata: Kalau seandainya seorang hamba bertemu dengan Allah dengan membawa seluruh dosa selain kesyirikan, itu lebih baik baginya dibandingkan bertemu Allah dengan membawa (dosa karena mempelajari) ilmu Kalam (filsafat). Lafadz-lafadz ucapan beliau yang semakna dengan ini sangat banyak dan masyhur. Al-Ghozali –semoga Allah merahmatinya- telah menyusun kitab di akhir fase kehidupannya (meninggalkan Ilmu Kalam/ Filsafat) yang berjudul : Iljaamul ‘Awwaam ‘an Ilmil Kalaam (al-Majmu’ Syarhul Muhadzdzab (1/25)).

Tidak ada komentar: