Rabu, 20 Maret 2019

Imam al ghazali seorang salafi


Al-Imam Badruddiin az-Zarkasyi –salah seorang Ulama Syafiiyyah- menyatakan:
وهو كِتَابُ إلْجَامِ الْعَوَامّ عن عِلْمِ الْكَلَامِ وهو آخِرُ تَصَانِيفِ الْغَزَالِيِّ مُطْلَقًا أو آخِرُ تَصَانِيفِهِ في أُصُولِ الدِّينِ حَثَّ فيه على مَذْهَبِ السَّلَفِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ
Itu adalah kitab: Iljaamul Awwaam ‘an Ilmil Kalaam yang merupakan karya tulis terakhir al-Ghozali secara mutlak, atau karya tulis terakhir dalam Ushuluddin yang di dalamnya beliau menganjurkan untuk berpegang dengan madzhab Salaf dan orang-orang yang mengikuti para Salaf tersebut (al-Bahrul Muhiith fii Ushuulil Fiqh (3/29))
Syaikh Muhammad Amaan al-Jaamiy rahimahullah menyatakan:
وللإمام الغزالي مؤلفات كثيرة في مختلف العلوم، ومما يتصل ببحثنا هذا من مؤلفاته كتاب اللطيف (إلجام العوام عن علم الكلام) الذي أشاد فيه [كما سبق] بمذهب السلف وتحدث عن حقيقته مبيناً أنه هو الحق وأن من خالف السلف فهو مبتدع لأنه مذهب الصحابة والتابعين، وقد أُخِذَ من الرسول عليه الصلاة والسلام مباشرة، فكل خير في إتباعهم وكل شر في الابتداع بعدهم، وقد تحدث فيه بإسهاب عن مذهب السلف وحقيقة مذهب السلف هو الإتباع دون الابتداع. وللغزالي رسالة سماها (بغية المريد في رسائل التوحيد) وهي جملة رسائل مفيدة وجليلة ومشتملة على الكثير من المعاني اللطيفة وما يجب على المخلوق للخالق جل شأنه وعلى ما يجب معرفته على كل إنسان من علم التوحيد. وقد تحدث فيها عن تنزيه الخالق وأنه لا يشبهه شيء ولا يشبه شيئاً وكل ما خطر بالبال والوهم والخيال من التكييف والتمثيل فإنه سبحانه منزه عن ذلك.
Al-Imam al-Ghozali memiliki karya tulis yang banyak pada berbagai bidang ilmu. Salah satu di antara karya tulis beliau yang sampai pada pembahasan kita ini adalah kitab Iljaamul ‘Awwaam ‘an Ilmil Kalaam yang di dalamnya beliau menyanjung madzhab Salaf dan menceritakan tentang hakikatnya serta menjelaskan bahwa itulah yang haq (benar), dan barangsiapa yang menyelisihi Salaf maka ia adalah mubtadi’ karena itu adalah madzhab para Sahabat dan Tabi’in yang diambil dari Rasulullah shollallahu alaihi wasallam secara langsung, dan setiap kebaikan adalah dengan mengikuti mereka (para Salaf) dan setiap keburukan adalah karena kebid’ahan yang dilakukan orang-orang setelahnya. Di dalamnya beliau menjelaskan secara panjang lebar tentang madzhab Salaf dan hakikat madzhab Salaf adalah Ittiba’ (mengikuti Nabi) bukan ibtida’ (mengadakan hal-hal baru). Dan al-Ghozali juga memiliki risalah yang dinamakan: Bughyatul Muriid fii Rosaa-ilit Tauhiid, yang itu termasuk risalah yang bermanfaat, mulya, dan mengandung kebanyakan makna yang halus tentang kewajiban makhluk terhadap al-Kholiq (Sang Pencipta) –Yang Maha Mulya- dan hal yang wajib diketahui oleh setiap manusia dari ilmu Tauhid. Di dalam risalah itu beliau menceritakan tentang pensucian terhadap al-Kholiq dan bahwasanya Dia tidaklah ada sesuatu apapun yang menyerupainya, dan segala yang terbetik dalam hati, pikiran/persangkaan, dan khayalan berupa takyiif (mencari tahu seperti apa kafiyatnya) dan penyerupaan, maka sesungguhnya Allah Subhaanah tersucikan dari itu (as-Shifaatul Ilahiyyah fil Kitaabi was Sunnah anNabawiyyah fii Dhou-il Itsbaat wat Tanziih halaman 166)

Tidak ada komentar: