Minggu, 28 Juni 2020

SEBELUM TERPAKSA MEMBUNUH SEMUT AJAK BICARA BAIK-BAIK


Jika dirasa kehadiran semut mengganggu, maka tidak mengapa membunuhnya, namun barangkali apa yang dilakukan oleh al-Imam Ahmad patut ditiru.

Al-Imam Ahmad rahimahullah berkata :
‏« إني أحرج عليكن إلا خرجتن من داري فإني أكره أن تقتلن في داري»
"sesungguhnya aku ingin mengusir kalian, kecuali kalian mau keluar sendiri dari rumahku, aku tidak suka kalian terbunuh di rumahku."

Al-Imam Abdullah, anak al-Imam Ahmad berkata :
"lalu aku melihat semut-semut tersebut keluar sendiri, lalu (di akhir rombongan) keluar semut besar berwarna hitam, yang aku tidak pernah melihat sebelumnya."

Faedah dari Prof. DR. Ahmad Khalîl hafizhahullah - guru besar Syari'ah, Universitas al-Qashîm, KSA -
================
saya (Abu Sa'id) bertanya kepada beliau :
"Apakah hal ini menunjukkan karamah Imam Ahmad?".

Prof. DR. Ahmad Khalîl menjawab :
‏‎لا يختص به. فعل قبله
"Tidak khusus kepada beliau, sebelumnya juga pernah dilakukan orang lain."

Tidak ada komentar: