Ini dalilnya cara shalat witir:
Di sini boleh dapat dilakukan dengan dua cara: [1] tiga raka’at, sekali
salam, [2] mengerjakan dua raka’at terlebih dahulu kemudian salam, lalu
ditambah satu raka’at kemudian salam.
Dalil cara pertama:
كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يُصَلِّى فِى الْحُجْرَةِ
وَأَنَا فِى الْبَيْتِ فَيَفْصِلُ بَيْنَ الشَّفْعِ وَالْوِتْرِ بِتَسْلِيمٍ يُسْمِعُنَاهُ.
“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam shalat di dalam kamar ketika
saya berada di rumah dan beliau shallallahu ‘alaihi wasallam memisah
antara raka’at yang genap dengan yang witir (ganjil) dengan salam yang
beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam perdengarkan kepada kami.” (HR.
Ahmad 6/83. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa hadits ini
shahih)
إسناد ضعيف لأن به موضع انقطاع بين عمر بن عبد العزيز
الأموي وعائشة بنت أبي بكر الصديق ، وباقي رجاله ثقات وصدوقيين عدا زبان بن
عبد العزيز الأموي وهو مقبول
SANADNYA LEMAH KARENA KETERPUTUSAN
SANAD ANTARA UMAR BIN ABDUL AZIZ DAN AISYAH...SISA PERAWI YANG LAEN
TERPERCAYA DAN JUJUR KECUALI ZABBAAN BIN ABDUL AZIZ DIA MAQBUL(DITERIMA)
DARI SEGI MATAN TIDAK JELAS KALAU ITU 3 RAKAAT.SEDANG DALIL YANG 3 RAKAAT SEKALIGUS SANGAT GAMBLANG
Dalil cara kedua:
كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يُوتِرُ بِثَلاَثٍ لاَ يَقْعُدُ إِلاَّ فِى آخِرِهِنَّ.
“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berwitir tiga raka’at
sekaligus, beliau tidak duduk (tasyahud) kecuali pada raka’at terakhir.”
(HR. Al Baihaqi)
إسناده حسن رجاله ثقات عدا شيبان بن أبي شيبة الحبطي وهو صدوق حسن الحديث
SANADNYA HASAN(BAIK)SEMUA PERAWI TERPERCAYA KECUALI SYAIBAN IBN ABI SYAIBAH DIA JUJUR HADITSNYA HASAN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar