Minggu, 28 Mei 2017

Apakah orang puasa yg lupa ditegur atau dibiarkan?

السؤال
هل إذا رأيت شخصاً صائماً في رمضان وهو يأكل او يشرب ناسيا وأنا أعلم أنه ناس لأني أحسبه من الصالحين فهل أذكره أم أدعه يشرب ويأكل. فقد أطعمه الله وسقاه. وهل في صوم التطوع يكون نفس الحكم
وجزاكم الله خيراً.....
Soal: apakah ketika saya melihat orang puasa romadhon sedangkan dia makan atau minum karena dan saya tahu dia lupa karena aku menyangkanya orang sholih,apakah saya menegurnya atau membiarkannya minum makan karena dia sedang diberi makan dan minum oleh alloh,apakah ketika dia puasa sunnah sama hukumnya?
الإجابــة
الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه أما بعد:

فإن تعاطي الشرب والأكل وغيرهما من المفطرات في نهار رمضان من المنكر الذي لا يجوز إقراره ولا السكوت عليه، لذا يجب على من رأى صائماً في نهار رمضان يتناول مفطراً أن ينبهه لأن هذا من باب التعاون على البر والتقوى ومن تغيير المنكر، وكون المتعاطي ناسياً وليس عليه إثم لا يرفع ذلك الإثم عن من شاهد ذلك ولم يغير.
والله أعلم.
Sungguh melakukan minum makan dan selainnya yang membatalkan puasa di siang ramadhan termasuk kemungkaran yg tidak boleh mengakuinya dan diam terhadapnya,oleh karena itu wajib bagi yg melihat orang puasa di siang hari ramadhan melakukan hal yg membatalkannya harus menegurnya karena termasuk bab tolong menolong dalam kebaikan dan taqwa dan merubah kemungkaran.
Adapun orang yg lupa tidak berdosa,tidak diangkat dosa bagi yg menyaksikannya dan tidak merubahnya.
http://fatwa.islamweb.net/fatwa/index.php?page=showfatwa&Option=FatwaId&Id=22434

Demikian juga difatwakan syeikh utsaimin dan bin baz
http://googleweblight.com/?lite_url=http://www.binbaz.org.sa/noor/9799&ei=rR_pjIq2&lc=id-ID&s=1&m=719&host=www.google.co.id&ts=1495972020&sig=ALNZjWmZv7q_u5nj7HtQg-wTsjSbvVWfsw


Tidak ada komentar: