Rabu, 08 Maret 2017

Banser haram jaga gereja

 Rais Syuriah Pengurus Wilayah NU Jawa Timur, KH. Muhib Aman Aly melalui akun facebook pribadinya membagikan hasil keputusan bahsul masail fiqhiyyah se-jawa dan madura yang memutuskan bahwa tindakan oknum banser sebagai banom NU yang sering menjaga gereja adalah haram. Bahsul masail ini baru saja selesai dan diputuskan pada awal bulan maret kemarin.
HASIL KEPUTUSAN BAHTSUL MASA`IL KUBRO XIX SE-JAWA MADURA PONDOK PESANTREN AL FALAH PLOSO MOJO KEDIRI 02 – 03 J. Akhirah 1438 H | 01 – 02 Maret 2017 M
BANSER MENGAMANKAN JEMAAT YANG SEDANG BERIBADAH | Fathul Wahhab II Ploso .
Deskripsi Masalah : Atas nama toleransi antar umat beragama di negara Indonesia yang menganut Bhinneka Tunggal Ika, sering kita temukan di beberapa event besar seperti perayaan hari Natal, Imlek dan lain – lain. Dalam perayaan tersebut, banyak masyarakat muslim, bahkan salah satu sayap ormas Islam terbesar di Indonesia (Banser) ikut mengamankan non muslim yang sedang beribadah untuk mewujudkan rasa aman, tentram dan damai di hati non muslim yang sedang beribadah. Presiden RI Joko Widodo menginstruksikan kepada Polri dan jajarannya untuk mengamankan dan memberi rasa nyaman terhadap umat yang sedang beribadah. Instruksi presiden tersebut diterjemahan oleh pimpinan ormas Islam tersebut supaya ikut membantu pengamanan dalam mewujudkan rasa persatuan dan kesatuan.
Pertanyaan:
a. Bagaimana hukumnya pimpinan ormas Islam menginstruksikan anak buahnya untuk menjaga orang yang beribadah kepada selain Allah ?
b. Bagaimana hukumnya orang Islam yang menjaga non muslim yang sedang beribadah atas dasar kesatuan dan persatuan negara?
Jawaban a:
Tidak benarkan, karena di dalam instruksi tersebut mendorong anak buahnya untuk berbuat maksiat serta toleransi di dalam islam dibatasi tidak sampai menyangkut urusan ibadah mereka..
Jawaban b: idem dengan sub a
Nb: Kecuali jika intruksi tersebut dari imam maka bersifat mengikat dan diperbolehkan karena tugas imam adalah menjaga stabilitas negara.
1. Asybah WanNadzoir Juz. 1 Hal. 233 5. Anwaru Al Buruq Juz. 3 Hal. 16-17
2. Is’adurrofiq Juz. 2 Hal. 93 6. Bughyatul Mustarsyidin Hal. 91
3. Al Fatawi Fiqhiyyah Juz. 4 Hal. 393 7. Al Fiqiih Al Islamy Juz. 6 Hal. 700
4. Hasyiyah Jamal Juz. 5 Hal. 227
Dukungan Penuh Komandan Nasional
Komandan Nasional NU Garis Lurus KHM. Luthfi Rochman mendukung penuh hasil keputusan bahsul masail yang hari ini merupakan lembaga NU paling ilmiah dan lurus dari racun liberalisme. Berikut pernyataan yang kami kutip dari akun pribadinya.
Mendukung sekali hasil bahsul masail Ulama se jawa dan madura. Semoga kedepan para pimpinan Banser dan Ansor sebagai banom NU mau tunduk dan patuh dhohir bathin kepada para ulama NU yang lurus.

Dan semoga keistiqomahan para pemuda NU Ansor dan Banser tidak lagi terciderai dengan aksi miris menjaga peribadatan musyrik kaum kuffar terutama setiap natal dan menjaga semua tempat -tempat kemaksiyatan. Semoga Ansor dan Banser berjuang bersama ormas aswaja yang lain seperti FPI, saling menjaga ukhuwah dalam penegakan amar makruf nahi munkar dan tidak lagi terjadi insiden saling menyerang dan melemahkan. Aamiin

Tidak ada komentar: