hukum Lewat depan orang sholat tanpa sutroh
قوله: (إلى شيء يستره من الناس) مما سلف تعيينه من السترة، وقدرها، وقدركم
يكون بينها وبين المصلي. وفيه أنه لا يجوز الدفع والمقاتلة إلا لمن كان له
سترة. قال النووي: اتفقوا على أن هذا كله لمن لم يفرط في صلاته بل احتاط
وصلى إلى سترة، أو في مكان يأمن المرور بين يديه
Mir’atul mafatih 2/492Dan didalamnya dalil bahwa tidak boleh mendorong atau memerangi kecuali dia memakai sutroh
في الحديث الصحيح: ((إذا صلى أحدكم إلى شيءٍ يستره فأراد أحد أن يجتاز بين
يديه فليدفعه)) دل على أنه إذا صلى إلى غير سترة جازت صلاته وليس له أن
يدفع حينئذٍ.
Syarh kitabul haj minshohih muslim 5/3Hadits ini menunjukkan bahwa jika sholat tanpa sutroh maka sholatnya sah dan dia tidak punya hak untuk mendorong saat itu
أما إذا لم يستتر ليس له أن يدفع، لكن على المسلم أن يحرص ألا يشوش على أخيه المصلي.
Syarh kitabul haj minshohih muslim 6/15Adapun jika tidak bersutroh maka dia tidak berhak mendorong/ menghalangi yg lewat,akan tetapi wajib bagi seorang muslim berusaha agar tidak mengganggu saudaranya yg sholat
قال بعض الفقهاء: واتفق العلماء على
دفع المارَ بين يدى المصلى إذا صلى إلى سترة، وليس له إذا صلى إلى غير سترة
أن يدفع من مَرَّ بين يديه؛ لأن الرسول جعل ما بينه وبين السترة من حقه
الذى يجب له منعه ما دام مصليًا، فأما إذا صلى إلى غير سترة، فليس له أن
يدرأ أحدًا؛ لأن التصرف والمشى مباح لغيره فى ذلك الموضع الذى يصلى فيه وهو
وغيره سواء، فلم يستحق أن يمنع شيئًا منه إلا ما قام الدليل عليه، وهو
السترة التى وردت السنة بمنعها
Syarh shohih bukhori lini bathol 2/136Berkata sebagian ahli fiqh:dan telah bersepakat para ulama' wajibnya menghalangi yg lewat jika didepannya ada sutroh,dan tidak berhak dia menghalangi yg lewat jika tanpa sutroh karena rosul menjadikan hak baginya menghalangi jika dihadapannya ada sutroh,adapun tanpa sutroh dia tidak punya hak menghalanginya karena perbuatan dan jalan boleh ditempat atau di lainnya sama saja selama tdk ada pembatas ditempat sholat,maka dia tidak berhak menghalangi kecuali ada dalil yg membolehkan yaitu sutroh seperti disebutkan dalam sunnah
وَاتَّفَقُوا عَلَى أَنَّ هَذَا كُلُّهُ لِمَنْ لَمْ يُفَرِّطْ فِي
صَلَاتِهِ بَلِ احْتَاطَ وَصَلَّى إِلَى سُتْرَةٍ أَوْ فِي مَكَانٍ
يَأْمَنُ الْمُرُورَ بَيْنَ يَدَيْهِ
Syarh nawawi ‘ala muslim 4/223Para ulama sepakat bolehnya menghalangi yg lewat itu bagi yg tidak sembrono dalam sholatnya akan tetapi dia berhati- hati dg menaruh sutroh atau di tempat yg aman dari lalulalang manusia di hadapannya
قَالَ
ابْنُ الْمَلَكِ: فَإِنْ قَتَلَهُ عَمَلًا بِظَاهِرِ الْحَدِيثِ فَفِي
الْعَمْدِ الْقِصَاصُ وَفِي الْخَطَأِ الدِّيَةُ، قَالَ: وَهَذَا أَرَادَ
الْمُرُورَ بَيْنَهُ وَبَيْنَ السُّتْرَةِ، وَإِنْ لَمْ يَكُنْ بَيْنَ
يَدَيْهِ سُتْرَةٌ فَلَيْسَ لَهُ الدَّفْعُ ; لِأَنَّ التَّفْرِيطَ مِنْهُ
بِتَرْكِهَا، وَفِيهِ دَلِيلٌ عَلَى أَنَّ الْعَمَلَ الْيَسِيرَ لَا
يُبْطَلُ الصَّلَاةَ اهـ.
Mirqotul mafatih 2/643Berkata ibnu malik: dan ini bagi yg dihadapannya ada sutroh,jika tanpa sutroh maka dia tidak berhak menghalau yg lewat karena sembrono dari yg sholat tidak pakai sutroh
وَالْحَدِيثُ دَالٌّ بِمَفْهُومِهِ عَلَى أَنَّهُ إذَا
لَمْ يَكُنْ لِلْمُصَلِّي سُتْرَةٌ فَلَيْسَ لَهُ دَفْعُ الْمَارِّ بَيْنَ
يَدَيْهِ، وَإِذَا كَانَ لَهُ سُتْرَةٌ دَفَعَهُ
Subulus salam 1/216Dan hadits ini dalil dg pemahamannya bahwa jika orang sholat tanpa sutroh maka tidak berhak menghalangi yg lewat di hadapannya,jika memakai sutroh maka baginya berhak menghalaunya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar