Sabtu, 28 Juni 2014

BID'AH MEMBUAT GARIS SHAF SHOLAT


syeikh albani berkata :
الخط في المساجد أو الخطوط في المساجد هذه يجب أن تكون بدعة ضلالة بإجماع العلماء ليس فقط عند الذين يقولون بقول الرسول {كل بدعة ضلالة وكل ضلالة في النار} ذلك بأنّ هناك قولين للعلماء:منهم من يقول بقول الرسول ولا شكّ أن هؤلاء هم السُّعداء حقّاً ومنهم من يقول لا؛البدعة تنقسم إلى خمسة أقسام تجري عليه الأحكام الخمسة،حتى عند هؤلاء يجب أن يكون مدّ الخطوط في المسجد بدعة ضلالة لماذا؟ لأن الذين ظنّوا أن البدعة تقبل القسمة هذه الخماسية منها....6لأنّ الرسول ما فعل ذلك وهنا بحث طويل جدّاً يتعلق بالمصالح المرسلة كان المقتضي لوجودها في عهد الرسول أو لم يكن ثم إذا كان وجد المقتضي بسبب تقصير المسلمين فله حكم بعد الشرعية وإلا جاز الأخذ بها واذكر....7فهذا الخط سهل مدّ خط في المسجد النبوي ما فعله الرسول عليه السلام وإنما اعتمد على تعليم الناس أن يسو الصفوف

garis-garis di dalam masjid ini sudah seharusnya disebut bid'ah dholalah dg ijma' kesepakatan para ulama',bukan hanya ulama' yg berkata semua bid'ah sesat,bahkan ulama yg suka membagi bid'ah jadi lima pun juga menganggap bid'ah yg sesat karena rosul tidak melakukan itu padahal bisa saja dilakukan kalaupun dianggap masolih mursalah.membuat garis sangat mudah di masjid nabawi tapi rosul tidak melakukannya,tetapi beliau hanya menyampaikan pengajaran supaya meluruskan barisan.
fatawa albani dalam silsilah al huda wan nur no.20 rekaman no.642
syeikh abu ishaq al huwaini murid albani berkata :
من الأشياء التي ينبه عليها بمناسبة الكلام على السبب وأنه يجب على كل إنسان أن يفعل ما أُمر به: أولاً: هذا الخط الموجود على الأرض في المساجد لتسوية الصف -زعموا.-. هذا أولاً هو بدعة
termasuk hal-hal yg perlu diperhatikan terkait tentang sebab.dan sesungguhnya wajib bagi manusia melakukan apa yg diperintahkan:yg pertama garis yg ada diatas tanah di masjid2 untuk meluruskan shaf(seperti sangkaan mereka) ini adalah bid'ah
dari audio islamweb no.105450

selain itu,garis membuat terasa sesak saat jamaahnya banyak karena terpaku pada garis itu.padahal jika garis tidak ada bisa saja shaf jarak depan belakang didekatkan.bahkan dibolehkan sujud di punggung saudaranya.
Sebagaimana dijelaskan dalam kitab al-Mahalli ‘ala al-Minhaj juz I halaman : 294, “ Dan barangsiapa yang sesak ketika sujud dan tidak bisa sujud ke lantai namun mungkin sujud ke manusia di depannya umpamanya, seperti punggungnya atau kakinya maka kerjakanlah demikian itu dengan wajib, karena memungkinkan sujud sesuai kemampuannya. ”

Tidak ada komentar: