Dari Dr. Shalih Al-Ushaimi, anggota Lembaga Kajian Bid. Aqidah Univ. Imam Muhammad bin Su'ud;
هل وأد عمر بن الخطاب ابنته في الجاهلية؟
الجواب ( لا )
Apakah Sayyidina Umar bin Khathab mengubur hidup2 putrinya? Jawabannya: Tidak !!!
لقد شاع على ألسنة الكثير من الخطباء والوعَّاظ أنّ عمر بن الخطاب رضي الله عنه كان قد وأد ابنته في الجاهلية،
ولطالما سمعنا هذه القصة على المنابر وفي المحاضرات والمواعظ،
Sesungguhnya telah tersebar luas melalui banyak penceramah dan pemberi
nasehat, bahwa Umar bin Khathab radiallahu anhu telah melakukan
penguburan hidup2 anak perempuannya d masa jahiliyyah. dan telah lama
kita dengar kisah ini di mimbar2, ceramah2, nasehat2ولطالما سمعنا هذه القصة على المنابر وفي المحاضرات والمواعظ،
وخلاصة القصة المنتشرة بين الناس :
"أنه رضي الله عنه كان جالساً مع بعض أصحابه، إذ ضحك قليلاً، ثم بكى، فسأله مَن حضر،
فقال: كنا في الجاهلية نصنع صنماً من العجوة، فنعبده،
ثم نأكله، وهذا سبب ضحكي،
أما بكائي،
فلأنه كانت لي ابنة، فأردت وأدها، فأخذتها معي، وحفرت لها حفرة،
فصارت تنفض عن لحيتي، فدفنتها حية".
Singkat cerita yg tersebar di tengah masarakat, bahwasanya sayyidina
Umar radiallahu anhu duduk di tengah sahabatnya, tiba2 beliau tertawa
sebentar kemudian menangis, maka bertanyalah yg hadir, apa gerangan?
beliau menjawab, kami dahulu d masa jahiliyah membuat patung dr roti,
menyembahnya dan memakannya. "أنه رضي الله عنه كان جالساً مع بعض أصحابه، إذ ضحك قليلاً، ثم بكى، فسأله مَن حضر،
فقال: كنا في الجاهلية نصنع صنماً من العجوة، فنعبده،
ثم نأكله، وهذا سبب ضحكي،
أما بكائي،
فلأنه كانت لي ابنة، فأردت وأدها، فأخذتها معي، وحفرت لها حفرة،
فصارت تنفض عن لحيتي، فدفنتها حية".
Inilah sebab aku tertawa, adapun aku menangis karena teringat akan anak perempuanku, aku bermaksud menguburnya hidup2, maka kubawa dia dan kugali lubang, maka dia bersihkan tanah dr jenggotku, dan aku menguburnya hidup2
والعجيب أنّك تجد المرء من العوام لا يفقه من الإسلام شيئا ولا يحفظ من شرائعه أمرًا إلاّ قصة وأد عمر لابنته
Yang mengherankan kau dapati orang awam yg tidak memahami Islam dan
hafal syariatnya kecuali kisah penguburan hidup2 Umar terhadap anak
wanitanya.
والحقيقة المذهلة التي يتحمّل مسؤوليتها الخطباء
والوعاظ أنّ هذه القصة باطلة وموضوعة وملفقة على أمير المؤمنين عمر بن
الخطاب رضي الله عنه،
Dan kenyataan menakutkan yang menjadi
tanggung jawab para penceramah ini bahwa sesungguhnya kisah ini adalah
batil, mengada ada, rekaan terhadap Amirul mukminin Umar bin Khattab
radiallahu anhu
والعجيب أنّه لا ذكر لها في كتب السنة والحديث أو كتب الآثار والتاريخ،
dan yg mengherankan, sesungguhnya kisah ini tidak terdapat dalam kitab2 sunnah, hadits, ataupun kitab2 riwayat dan sejarah
ولا يعرف من مصادرها إلا ما يكذبه الرافضة الحاقدون من غير دليل ولا حجة.
dan tidak diketahui sumber2nya kecuali dari kebohongan Syiah Rafidhah yg dengki tanpa dalil dan hujjah
والأصل أنه لا يُثْبَت مثل ذلك إلاّ بإسناد ثابت ، وليس لدينا إسناد ثابت بأن عمر رضي الله عنه فعل ذلك فعلاً.
dan prinsipnya, kisah semacam ini tidak boleh dikukuhkan kecuali dengan
sanad yg kuat. sementaq kita tidak mendapatkn sanad kuat yg
menceritakan bahwa Umar radiallahu anhu melakukan hal itu
وممّا يؤكد زيفها ووضعها:
١- أنّه من المعلوم أن أول امرأة تزوجها عمر - رضي الله عنه - هي زينب بنت مظعون أخت عثمان
فولدت له حفصة وعبد الله
وعبد الرحمن الأكبر
diantara yg menguatkan kepalsuan dan kebohongannya:فولدت له حفصة وعبد الله
وعبد الرحمن الأكبر
1. Sudah diketahui bersama sesungguhnya wanita pertama yg dinikahi Umar radiallahu anhu adalah Zainab binti Mazhun saudara Utsman, maka lahirlah Hafshah, Abdullah, dan Abdurahman yg besar
كما جاء في البداية والنهاية لابن كثير:
قال الواقدي وابن الكلبي وغيرهما تزوج عمر في الجاهلية زينب بنت مظعون أخت عثمان بن مظعون فولدت له عبد الله وعبد الرحمن الأكبر وحفصة رضي الله عنهم.
Sebagaimana disebutkan dalam kitab Albidayah wanihayah
karya Ibnu Katsiir: Alwaqidi, ibnu Kalbi serta yg lainnya berkata, Umar
telah menikah d masa jahiliyyah dengan Zainab binti Mazhun saudara dari
Utsman bin Mazhun, maka lahirlah Abdullah, Abdurahman alakbar, dan
Hafshah radiallahu anhum.قال الواقدي وابن الكلبي وغيرهما تزوج عمر في الجاهلية زينب بنت مظعون أخت عثمان بن مظعون فولدت له عبد الله وعبد الرحمن الأكبر وحفصة رضي الله عنهم.
وكان ميلاد حفصة قبل البعثة بخمس سنين كما جاء في المستدرك وغيره
عن عمر رضي الله عنه قال: ولدت حفصة وقريش تبني البيت قبل مبعث النبي صلى الله عليه وسلم بخمس سنين، ولهذا فهي أكبر بنات عمر
adapun kelahiran Hafshah 5 tahun sebelum bi'tsah seperti disebutkan
dalam Almustadrak dan yg lainnya dari Umar radiallahu anhu beliau
berkata: Hafshah lahir sementara Quraisy sedang membangun Kabah 5 tahun
sebelum bitsah Nabi shallallahu alaihi wasallam, karenanya ia adalah
anak perempuan pertama Umarعن عمر رضي الله عنه قال: ولدت حفصة وقريش تبني البيت قبل مبعث النبي صلى الله عليه وسلم بخمس سنين، ولهذا فهي أكبر بنات عمر
فلماذا لم يقم عمر بن الخطاب رضي الله عنه بوأد ابنته حفصة رضي الله عنها وهي إبنته الكبري
والتي تكنى بها أبا حفص؟،
pertanyaannya, kenapa Umar tidak mengubur hidup2 putrinya Hafshah
radiallahu anha, padahal ia adalah putrinya paling besar, dimana Umar
berkunyah dengannya, Abu Hafsh?ولماذا يئد من هي أصغر منها؟
kenapa dia malah mengubur hidup2 anak yg lebih kecil darinya?
ولماذا انقطعت أخبار من وئدت فلم يذكرها أحد من أقاربها ولم نجد لها ذكرا في أبنائه؟
kenapa terputus berita2 siapa yg dikubur hidup2, hingga tidak satupun
keluarganya menyebutkannya, dan kita tidak menemukan penyebutan kisah
ini pada anak2nya?
فقد سموا لنا جميعا وسمي لنا من تزوجهن عمر في الجاهلية والإسلام،
mereka telah menyebutkan semua nama2 itu, nama2 yg dinikahi Umar d masa jahiliyyah dan Islam
ولم نقف فيما اطلعنا عليه من المراجع على شيء يوثق به في هذا الأمر.
dan kami tidak menemukan sepanjang telaah kami pada sumber2 referensi sesuatu yg menguatkan kisah ini
(انظر ترجمة أم المؤمنين حفصة رضي الله عنها في "الإصابة" للحافظ ابن حجر ٧/ ٥٨٢
lihat biography Ummul mukminin Hafshah radiallahu anha dalam kitab Alishabah karya Alhafizh Ibnu Hajar 7/582
٢- لم يعرف في بني عدي الذين ينتسب إليهم الفاروق وأد البنات بدليل أن
أخته فاطمة بقيت حية حتى تزوجت سعيد بن زيد ابن عم عمر بن الخطاب
2.
Tidak dikenal dalam tradisi bani Adi yg merupakan kabilah Alfaruq
kebiasaan mengubur hidup2 anak perempuan. dalilnya sesungguhnya saudari
Umar Fatimah tetap hidup hingga menikah dengan Said bin Zaid anak paman
Umar bin Khattab
٣- بعد بحث في كتب الأحاديث و التخريج لم اجد له
اثر إلا في كتب الرافضة وعدم ورودها في كتب السنة والحديث أو كتب الآثار
والتاريخ دليل قاطع على بطلانها.
3. Setelah penelitian dalam
kitab2 hadits dan takhrij, saya tidak menemukan riwayat kisah ini
kecuali dalam kitab2 syiah Rafidhah. ketiadaan riwayat kisah ini dalam
kitab2 sunnah dan hadits serta kitab2 riwayat dan sejarah adalah dalil
yg jelas atas batilnya kisah ini
وأخيراً فإن مسألة الطعن في الصحابة عن طريق القصص التي
ظاهرها " البراءة " كثيرة جدًا؛
ظاهرها " البراءة " كثيرة جدًا؛
لذا ينبغي على المرء أن يتثبت وأن يعرف من أين يأخذ العلم.
Terakhir, sesungguhnya masalah tikaman terhadap sahabat Nabi melalui jalan cerita yg kelihatannya "selamat", amat sangat banyakkarenanya seseorang diharuskan meyakinkan dan mengetahui dari mana ia mengambil ilmu.
وهذه القصة من اختلاق الروافض،
والمتهم باختلاقها هو الرافضي الخبيث
نعمة الله الجزائري صاحب الأنوار النعمانية،
وللتغطية يستعمل مصطلح "روي عنه".
Dan ini adalah kisah yg direka2 oleh syiah Rafidhah, org yg tertuduh mengarangnya adalah seorang syiah Rafidhah keji نعمة الله الجزائري صاحب الأنوار النعمانية،
وللتغطية يستعمل مصطلح "روي عنه".
Nikmatullah Aljazairi penulis buku Alanwaru Annu'maniyah. sebagai kedoknya dia menggunan istilah "ruwiya anhu"
لنساهم في نشرها، وفضح هذه الكذبة،
والكذب عن أمير المؤمنين.
mari bersama menyebarkan dan mengungkap kebohongan ini, dan kedustaan pada Amirul mukminin.
والكذب عن أمير المؤمنين.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar