SYUBHAT : dalam kitab majmu' zawaid wa manbaul fawaid 9/331 :
وعن جعفر بن عبد الله بن الحكم أن خالد بن الوليد فقد قلنسوة له يوم اليرموك فقال: اطلبوها، فلم يجدوها فقال: اطلبوها، فوجدوها فإذا هي قلنسوة خلقة، فقال خالد: اعتمر رسول الله صلى الله عليه وسلم فحلق رأسه، فابتدر الناس جوانب شعره فسبقتهم إلى ناصيته، فجعلتها في هذه القلنسوة، فلم أشهد قتالاً وهي معي إلا رزقت النصرة.رواه الطبراني وأبو يعلى بنحوه ورجالهما رجال الصحيح، وجعفر سمع من جماعة من الصحابة فلا أدري سمع من خالد أم لا
Dari Abdul hamid bin Jakfar dari bapaknya jakfar berkata : bahwa Khalid bin Walid kehilangan
kopyah ketika peperangan Yarmuk, lalu berkata : Carilah!, namun tidak
ditemukan, dia meminta untuk mencarinya lagi, dan ternyata didapati
berupa kopyah usang, lalu Khalid berkata : “Sewaktu Rasulullah
umrah, beliau mencukur rambut kepalanya, maka orang-orang berebut rambut
beliau, dan aku bisa mendahului dan mendapat rambut ubun-ubun beliau.
Lalu kutaruh rambut itu di kopyah ini. Tidaklah aku menghadiri
peperangan dengan membawa kopyah ini kecuali pasti aku menang
perawinya perawi tsiqoh dan jakfar mendengar dari sekelompok sahabat akan tidak tahu dia mendengar dari kholid atau tidak ?
JAWAB : diriwayatkan juga oleh imam thobroni,abu ya'la serta imam al hakim dalam mustadroknya namun beliau mendiamkannya.
imam adzdzahabi menyatakan adanya 'illah/penyakit dalam sanadnya yakni keterputusan sanad antara jakfar dan kholid.
jakfar adalah ibn abdillah ibn al hakam ibn rofi' telah meriwayatkan dari shigorus shohabah seperti anas dan mahmud ibn labid (tahdzib 2/99 karangan ibnu hajar) sedangkan kholid meninggal saat pemerintahan umar ibn khottob(lihat thobaqot ibnu sa'ad 7/279 dan asadul ghobah 2/140) jadi kemungkinan jauh jakfar mendengar dari kholid.
oleh karena itulah imam bukhori dalam attarikh al kabir (2/195) dalam biografi jakfar : dia melhat anas.ini menunjukkan dia tidak menemui kibarus shohabah
ibnu katsir pun mengisyaratkan kelemahan riwayatnya dengan sighoh tamrid dalam bidayah wa nihayah 7/113 :
" وَقَدْ رُوِيَ أَنَّ خَالِدًا سَقَطَتْ قَلَنْسُوَتُهُ يَوْمَ الْيَرْمُوكِ
وَهُوَ فِي الْحَرْبِ ، فَجَعَلَ يَسْتَحِثُّ فِي طَلَبِهَا فَعُوتِبَ فِي ذَلِكَ ،
فَقَالَ: إِنَّ فِيهَا شَيْئًا مِنْ شَعْرِ نَاصِيَةِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، وَإِنَّهَا مَا كَانَتْ مَعِيَ فِي مَوْقِفٍ إِلَّا
نُصِرْتُ بِهَا
Tidak ada komentar:
Posting Komentar