Jumat, 15 Mei 2015

SYUBHAT HUKUM TUMBAL ALA AHLUL BID'AH WASY SYIRKI




MEREKA BERDALIH :
Hukumnya ditafsil (diperinci) sebagai berikut: (1) Boleh, jika dimaksudkan untuk mendekatkan diri kepada Allah dan terhindar dari hal-hal yang dilarang. (2) Haram, jika tidak dimaksudkan untuk mendekatkan diri kepada Allah dan mengandung larangan agama. (3) Kufur, jika dimaksudkan untuk menyembah kepada selain Allah.
Seperti dijelaskan oleh Syaikh Zainuddin al-Malibari: "Barangsiapa yang menyembelih hewan sebagai bentuk mendekatkan diri kepada Allah untuk menolak bahaya Jin, maka tidak haram. Tapi juga tujuannya adalah untuk para Jin maka hukumnya haram (hewan sembelihannya dihukumi bangkai)" (Fathul Mu'in)
Dan lebih lengkap penjelasan Syaikh Abu Bakar ad-Dimyathi "Apabila mensedekahkan makanan tersebut dengan tujuan mendekatkan diri (taqorrub) pada Allah agar terhindar dari kejahatan jin maka tidak haram karena tidak ada taqorrub pada selain Allah. Apabila ditujukan pada jin maka haram hukumnya. Bahkan apabila bertujuan mengagungkan dan menyembah pada selain Allah maka kufur karena diqiyaskan pada nash dalam masalah penyembelihan (dzabhi)". (I’anatu al-Thalibbin II / 349)
إعانة الطالبين - (ج 2 / ص 397)
(قوله: فائدة: من ذبح) أي شيئا من الابل، أو البقر، أو الغنم. وقوله: تقربا لله تعالى أي بقصد التقرب والعبادة لله تعالى وحده. وقوله: لدفع شر الجن عنه علة الذبح، أي الذبح تقربا لاجل أن الله سبحانه وتعالى يكفي الذابح شر الجن عنه. وقوله: لم يحرم أي ذبحه، وصارت ذبيحته مذكاة، لان ذبحه لله لا لغيره، (قوله: أو بقصدهم: حرم) أي أو ذبح بقصد الجن لا تقربا إلى الله، حرم ذبحه، وصارت ذبيحته ميتة. بل إن قصد التقرب والعبادة للجن كفر كما مر فيما يذبح عند لقاء السلطان أو زيارة نحو ولي.
Dengan demikian, supaya terhindar dari hukum haram bahkan kufur, maka harus ditujukan untuk ibadah kepada Allah semata dan niat bersedekah, baik selamatan jalan raya, pembangunan rumah, sedekah bumi (Rukat), dan lain sebagainya. 
JAWABAN : menyembelih untuk selain alloh sepakat syirik akbar/besar pelakunya kafir murtad.sebagaimana ditegaskan imam nawawi dalam syarh shohih muslim 13/141 :
فإن قصد مع ذلك تعظيم المذبوح له غير الله تعالى والعبادة له كان ذلك كفرا فان كان الذابح مسلما قبل ذلك صار بالذبح مرتدا
namun jika namun jika atas  nama alloh tapi bermaksud menjadikannya sebab alloh menolak atau mengusir jin maka ini termasuk syiik ashghor/kecil namun dosa besar tapi tidak  murtad.karena syariat alloh tidak pernah menjadikan penyembelihan sebagai sebab menolak/mengusir jin begitu pula nabi tidak pernah mengajarkannya sebagai sebab syar'i.
maka itu temasuk syirik kecil walaupun kecil dosanya besar karena syirik.
وأما إن كان يذبح لله متقرباً إليه بقصد أن يدفع عنه شر الجن، فإن هذا ليس ذبحاً لغير الله، فليس كفراً مخرجا من الملة، ولكنه من جنس الشرك الأصغر لأنه جعل سبباً ما ليس بسبب، فإن الله عز وجل لم يجعل الذبح سبباً لطرد الجن عنه، فيكون بفعله هذا حاكماً على هذا الذبح بأنه سبب لدفع الجن عنه، وهذا لم يرد به شرع فيجب اجتنابه.
http://fatwa.islamweb.net/fatwa/index.php?page=showfatwa&Option=FatwaId&Id=22446
adapun perkataan syaikh abu bakar ad-dimyathi bahwa itu tidak haram maksudnya tidak haram memakannya namun bukan berarti tidak berdosa.seperti dijelaskan ibnu hajar dalam kitab tuhfatul muhtaj 1/9 : 
ومن ذبح تقربا لله تعالى لدفع شر الجن عنه لم يحرم، أو بقصدهم حرم وكذا يقال: في الذبح للكعبة، أو قدوم السلطان، ولو ذبح مأكولا لغير أكله لم يحرم، وإن أثم بذلك
jadi perkataan tidak harom disitu dari sisi memakannya bukan dari segi dosa atau tidak.namun ahlul bid'ah wasy syirki memalingkan makna menjadi tidak haram melakukannya jelas ini pengelabuan kesyirikan.
dalam fatawa haditsiyyah :
من يسال عن النحس وما بعده لاجاب الاعراض عنه و تصفيه ما فعله و يبين قبحه و ان ذالك من سنة اليهود لا من هدي المسلمين المتوكلين على خالقهم و بارئهم الذين لا يحسبون و على ربهم يتوكلون
"Barang siapa yg bertanya tentang hari sial dan sesudahnya untuk mendatangkan kehormatan dan memilih apa yg harus dikerjakan serta menjelaskan keburukannya,semua itu merupakan kebiasaan org yahudi dan bukan petunjuk org islam yg bertawakal pd penciptanya yg mereka tidak menghisab  thd Tuhannya serta bertawakal kepada tuhannya
اما وضع الطعام والازهارفي الطرق والمزارع اوالبيوت لروح الميت وغيره في الايام المعتادة كيوم العيد ويوم العيد ويوم الجمعة وغيرهما فكل ذالك من الامورالمحرمة ومن عادة الجاهلية ومن عمل اهل الشرك اهـ
“Sedangkan meletakkan makanan dan aneka kembang dijalan raya, sawah-sawah, rumah-rumah untuk ruh orang yang telah meninggal di hari-hari tertentu yang dibiasakan seperti hari raya, hari jum'ah dan selainnya kesemuanya tergolong perilaku yang diharamkan, kebiasaan orang-orang jahiliyyah dan perilaku orang-orang ahli syirik.”. [ Siraaj al-‘Aarifiin hal 57 ].


Tidak ada komentar: