Sabtu, 17 Januari 2015

BENARKAH FATIMAH BERGELAR AZZAHRO' ?



        «مِما تسرَّب -أيضًا- مِن أوصافِ الشِّيعةِ لأهلِ السُّنَّة؛ وصفُ فاطمةَ بأنَّها: (البَتول)، وكذلك -أيضًا-: (الزَّهراء)، ولا نَعرفُ لهذَيْن الوَصفَين -في حُدودِ ما نعلمُ- شيئًا مِن الدَّليل والحُجَّة على ذلك».
        [شرح الإبانة الصغرى، فضائل الصَّحابة، الدقيقة(15:46)].

Syaikh Ali al Halabi mengatakan, “Di antara pujian ala Syiah yang menyusup di tengah-tengah ahli sunnah adalah mengelari Fathimah dengan gelaran al Batul atau dengan gelaran az Zahra. Sebatas yang kami ketahui kami belum mengetahui dalil dan alasan syar’I untuk memberikan dua gelaran tersebut kepada Fathimah”.

شرح الإبانة الصغرى، فضائل الصَّحابة، الدقيقة15:46
Sumber:

Rekaman kajian kitab al Ibanah ash Shughra.

http://www.kulalsalafiyeen.com/vb/showthread.php?p=119873#post1198
وذكر الشيخ بكر أبو زيد في معجم المناهي ..

" ولم أقف على تاريخ لهذا اللقب لدى أهل السنة ، فالله أعلم . " ا . هـ
 syeikh abu bakr abu zaid dalam mu'jam al manahi :
dan saya tidak pernah menemukan gelar semacam ini di kalangan ahlussunnah
لشيخ صالح الفوزان حفظه الله
أحسن الله إليكم صاحب الفضيلة هذا سائل
يقول: لماذا لقبت فاطمة رضي الله عنها
بالزهراء وهل لهذا اللقب قصة ؟

الشيخ : والله ماعرف شيء منها ولكن هذا
مدح الزهراء يعني من النور وان لها نور .
syeikh fauzan ditanya : kenapa fatimah digelari azzahro',apakah pemberian gelar ini ada kisahnya?
jawab beliau : demi alloh tidak diketahui sesuatupun tentang itu.akan tetapi pujian azzahro' berarti cahaya dan fatimah mempunyai cahaya.

adapun penukilan ibnu hajar dan adzdzahabi tentang penyebutan fatimah azzahro' adalah penyebutan sesuatu yang berkembang di masyarakat saja.

nabi muhammad tidak pernah dijuluki  abu zahro' dan nabi tidak pula di gelari al azhar walaupun beliau azharullaun berkulit putih seakan cahaya
adapun tuduhan syiah bahwa fatimah bergelar azzahro' karena tidak pernah haid,memang Ada beberapa riwayat yang menyebutkan keutamaan Fatimah radhiyallahu ‘anha, yang menjelaskan bahwa beliau tidak mengalami haid.Diantaranya hadis,

ابنتى فاطمة حوراء آدمية لم تحض ولم تطمث وإنما سماها الله تعالى فاطمة لأن الله تعالى فطمها ومحبيها عن النار

Putriku Fatimah manusia bidadari. Tidak pernah haid dan nifas. Allah menamainya Fatimah, karena Allah menyapihnya dan menjauhkannya dari neraka.
Hadis ini disebutkan al-Kinani dalam karyanya Tanzih as-Syariah, dan beliau menilainya hadis dhaif. Beliau mengatakan,

ليس بثابت وفيه غير واحد من المجهولين

Hadis ini tidak shahih. Dalam sanadnya terdapat beberapa perawi yang majhul (tak dikenal). (Tanzih as-Syariah, 1/412).
Dalam riwayat lain, dari Asma’ bintu Umais, beliau bertanya kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, ’Ya Rasulullah, saya tidak pernah melihat fatimah mengalami haid atau nifas.’ Kemudian beliau bersabda,

أما علمت أن ابنتى طاهرة مطهرة فلا يرى لها دم فى طمث ولا ولادة

Tahukah kamu, putriku adalah wanita suci yang disucikan. Tidak ada darah ketika haid maupun ketika melahirkan.
Riwayat ini juga disebutkan al-Kinani, dan beliau mendhaidkannya. Beliau mengatakan,

أورده المحب الطبرى فى ذخائر العقبى وهو باطل أيضا فإنه من رواية داود بن سليمان الغازى

Disebutkan oleh al-Muhib at-Thabari dalam kitab Dzakhair al-Uqba, dan ini juga hadis bathil, karena dari riwayat Daud bin Sulaiman al-Ghazi.

Keterangan yang sama juga disampaikan al-Munawi, beliau berkomentar

لكن الحديثان المذكوران رواهما الحاكم وابن عساكر عن أم سليم زوج أبي طلحة. وهما موضوعان كما جزم به ابن الجوزى، وأقره على ذلك جمع منهم: الجلال السيوطي مع شدة عليه

Akan tetapi dua hadis yang disebutkan, yang diriwayatkan oleh Hakim dan Ibnu Asakir dari Ummu Sulaim, istri Abu Thalhah. Dan dua hadis itu palsu, sebagaimana yang ditegaskan Ibnul Jauzi, dan disetujui oleh beberapa ulama, diantaranya as-Suyuthi, dengan komentar yang sangat keras untuk hadis itu. (Ittihaf as-Sail, hlm. 12).

Tidak ada komentar: